Breaking News
---

Pemerintah Siapkan Rp9 Trilliun untuk Bansos Beras

Pemerintah menyiapkan Rp9 triliun untuk penyaluran bantuan pangan beras 10 kilogram (kg) bagi 22 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Bantuan pangan itu akan dilanjutkan pada Agustus, Oktober, dan Desember 2024.

Pemerintah Siapkan Rp9 Trilliun untuk Bansos Beras

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan, hal ini diputus dalam rapat internal bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Bansos pangan (beras 10 kg) dilanjutkan pada bulan 8, 10, dan 12 dengan anggaran sekitar Rp9 Trilliun," kata Arief dalam keterangannya dikutip Minggu (9/6/2024).

Presiden, lanjut Arief, memutuskan kelanjutan bantuan pangan ini dengan melihat kemampuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). "Tahun lalu kan juga nggak full 12 bulan, karena Pak Presiden kan selalu menyampaikan dalam beberapa kesempatan akan melihat postur APBN juga," katanya, menjelaskan.

"Kalau APBN-nya, Ibu Sri Mulyani (Menteri Keuangan) menyampaikan kita akan lakukan tiga bulan, maka tiga bulan berarti bulan 8, 10, dan 12. Karena kita lihat juga fiskal," ujarnya.

Sehingga, tidak hanya untuk pemenuhan bantuan pangan semata. Namun, kegiatan lain yang penting juga tidak boleh tertinggal.

Sebelumnya Arief pernah mengatakan, bantuan pangan beras 10 kilogram akan dilanjutkan hingga Desember 2024. Namun, ada yang berbeda dari penyalurannya.

Bila awalnya bansos pangan disalurkan setiap sebulan sekali, setelah Juni bansos pangan akan disalurkan per 2 bulan sekali. Artinya, pemerintah hanya akan memberikan bansos beras selama 3 kali yakni Agustus, Oktober, dan Desember. (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan