Breaking News
---

Pemerintah Arab Saudi Keluarkan Peringatan Cuaca Panas Ekstrem 44 Derajat Celcius

Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan peringatan, kepada seluruh jemaah haji 2024 di Makkah dan Madinah. Peringatan itu, terkait cuaca panas ekstrem yang mencapai 44 derajat celcius saat puncak haji 2024.

Foto ilustrasi

Kepala BMKG Arab Saudi, Ayman Ghulam mengatakan, potensi teerjadinya akan kenaikan suhu panas dari situasi normal. "Perkiraan musim haji tahun ini akan menyaksikan kenaikan suhu rata-rata satu setengah hingga dua derajat dari suhu normal," kata Ghulam seperti dilansir laman AFP, dikutip Sabtu (8/6/2024).

Oleh sebab itu, Otoritas Arab Saudi mewanti-wanti jemaah haji 2024 untuk menjaga diri dari sengatan panas ekstrem tersebut. Terlebih, ibadah haji di Arab Saudi akan dimulai sebentar lagi, yakni pada 14 Juni 2024.

"Perkiraan itu menunjukkan kelembaban relatif 25 persen. Tingkat hujan mendekati nol, suhu maksimum rata-rata 44 derajat Celsius," ucap Ghulam.

Dalam memfasilitasi jemaah haji di Makkah dan Madinah, Ghulam menuturkan, Arab Saudi menyediakan banyak tenda. Tenda tersebut, dilengkapi dengan fasilitas pendingin ruangan untuk jemaah haji yang berteduh.

"Mengantisipasi cuaca panas ekstrem itu, Saudi menyediakan air dengan jumlah cukup guna memenuhi kebutuhan para jemaah. Saudi menyediakan tenda yang dilengkapi dengan pendingin udara untuk mengurangi rasa panas," ujar Ghulam.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan