Breaking News
---

Mentan Ungkap Penyebab Defisit Produksi Beras di 2024

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menyampaikan sejumlah faktor penyebab defisit beras di musim tanam 2024. Hal ini diungkapkannya usai Rapat Kerja dengan Komisi IV DPR membahas ketersediaan pangan nasional.

Mentan Ungkap Penyebab Defisit Produksi Beras di 2024

Amran mengungkapkan, defisit produksi beras tahun ini disebabkan karena kelangkaan ketersediaan pupuk di pasaran. Ia menyebut kondisi defisit produksi beras menyebabkan Pemerintah harus melakukan kebijakan impor beras.

"Kondisinya saat ini minus 4,7 juta ton yang berpengaruh terhadap kondisi pertanian ini. Kemarin pupuk kita tertinggi itu 50%, artinya tidak mungkin swasembada yang kita tunggu adalah berapa yg harus kita impor," ungkap Amran di Ruang Rapat Komisi IV DPR, Selasa (25/6/2024).

Amran mengatakan, alokasi anggaran pupuk sempat mengalami penurunan. Anggaran harus mencukupi 4,8 juta ton pupuk, padahal kebutuhan pupuk mencapai 9,55 juta ton.

"Harga bahan baku pupuk dunia naik 230% sehingga harganya naik. Dua minggu hujan berturut-turut setelah petani tanam hujannya hilang, bisa kita bayangkan100 ribu hektar ditanam El Nino datang dua minggu tiga minggu," katanya.

Amran menambahkan, persoalan lain yaitu perbaikan irigasi yang belum cukup hingga alat dan mesin pertanian yang kurang mendukung. Ia memaparkan pihaknya telah membuat program pompanisasi dimana program tersebut akan terintegrasi dengan waduk.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan