Breaking News
---

Logo HUT Ke-79 RI Diluncurkan, ini Maknanya

Pemerintah meluncurkan logo memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia di Wisma Negara, Jakarta, Senin (24/6/2024). Logo tersebut didesain berdasarkan tema peringatan HUT RI tahun ini “Nusantara Baru, Indonesia Maju”.

Logo HUT Ke-79 RI Diluncurkan, ini Maknanya

“Tema ini dipilih untuk menggambarkan bukan hanya transisi kepindahan ibu kota negara, tetapi transisi kepemimpinan bangsa kita,” ujar Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono. Berikut makna logo HUT ke-79 kemerdekaan RI.

Desain dari logo terdiri dari angka 79 berwarna merah. Itu menjadi tanda usia Indonesia, dan tulisan tema “Nusantara Baru Indonesia Maju” berwarna hitam.

Angka 79 dapat diartikan banyak makna, dengan disusun dari bagian-bagian terpisah. Bagian-bagian itu merepresentasikan bentuk Indonesia sebagai negara kepulauan.

Ujung angka 7 pada logo menyerupai paruh Garuda, lambang negara yang berisi salah satu pilar kebangsaan, Pancasila. Dan melambangkan kekuatan negara.

Angka 7 yang menyerupai panah ke kanan atas merupakan simbol harapan Indonesia untuk meningkatkan investasi. Dan ekspor untuk memenuhi misi Indonesia dalam menggerakkan ekonomi.

Sedangkan arah lengkungan dari segala arah yang saling terhubung satu sama lain. Ini menjadi simbol prinsip pembangunan negara yang berkelanjutan.

Kemudian, bentuk dahan dan daun dari angka 9 merupakan prinsip pembangunan negara yang berlandaskan ekonomi hijau. Bersinergi dengan alam, dan selalu memperhatikan akar budaya dan identitas.

Kaki angka 7 dan 9 terbuat dari bentuk yang sama. Membentuk dua tangan yang menyatu sebagai simbol persatuan masyarakat Indonesia walaupun memiliki pendapat yang berbeda-beda.

Dua gelombang dengan arah yang sama di atas angka 7 dan di bawah angka 9 merepresentasikan tujuan Indonesia. Untuk desentralisasi dan memeratakan pembangunan demi mencapai kesetaraan.

Logo HUT ke-79 RI didesain oleh Inggrid Wenas. Inggrid adalah anggota Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) asal Surabaya, Jawa Timur. (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan