Breaking News
---

Legislator Usulkan Promotor Seni Budaya Disertifikasi

Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian mendorong agar promotor pertunjukan seni dan budaya diwajibkan memiliki sertifikasi khusus. Dorongan ini muncul sebagai tanggapan atas insiden kericuhan pada konser musik di Tangerang sebelumnya.

Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian

"Kejadian dipicu tidak bertanggung jawab promotor acara. Ketuanya membawa kabur uang operasional sehingga pelaksanaan konser musik gagal," kata Hetifah dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (29/6/2024).

Kericuhan tersebut tidak hanya berdampak pada pembatalan konser, tetapi juga memicu aksi kekerasan dan penjarahan. Menurut Hetifah, manajemen keamanan dan pengawasan acara publik yang lemah menjadi salah satu faktor yang memperburuk situasi. 

“Tindakan kekerasan dan penjarahan yang terjadi tidak hanya merugikan pihak penyelenggara, tetapi juga menimbulkan ketakutan dan kekhawatiran di masyarakat,” tambahnya.

Untuk mencegah insiden serupa di masa depan, Hetifah menekankan pentingnya proses sertifikasi bagi promotor acara. Ia menegaskan upaya sertifikasi ini harus melibatkan pihak-pihak seperti Lembaga Seni dan Budaya, Kemendikbudristek, pemda, hingga kepolisian.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan