Breaking News
---

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Potensi Cuaca Panas Terik

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca panas terik. Ini diprakirakan akan terjadi di sejumlah wilayah Indonesia sepekan ke depan atau per periode 12 hingga 18 Juni 2024.

Foto ilustrasi: Perempuan dan anaknya berpayung

"Kondisi suhu panas maksimum mencapai 36 derajat Celcius ini sudah terjadi dalam dua hari terakhir. Ini di sejumlah wilayah antara lain Sumatra Utara, Aceh, Jawa Timur (Jatim) dan Bali," kata Tim Pusat Meteorologi Publik BMKG, Miming dalam keterangannya,, Kamis (13/6/2024). 

Lebih jauh Miming mengungkapkan suhu panas 36 derajat Celcius ini juga terjadi di Sumatra Utara, Aceh, Jawa Timur (Jatim) dan Bali. Menurutnya fenomena tersebut adanya gerak semu matahari berada pada jarak terdekat di garis khatulistiwa dengan letak geografis Indonesia. 

"Fenomena ini sekaligus menandakan musim kemarau mulai melanda Indonesia. Ini yang sebagaimana diprakirakan sebelumnya akan berlangsung Juni - September 2024," ujarnya.

"Dar hasil analisa tim ahli meteorologi BMKG suhu terpanas di wilayah Aceh. Setinggi 36,6 derajat Celcius dan Sumatera Utara 35,9 derajat Celcius," ucapnya menambahkan. 

Khusus wilayah di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Banten, Sumatera Selatan, Jatim, dan Bali, suhu panas maksimum setinggi 34,8-34,0 derajat Celcius. "Kondisi ini masih perlu kita waspadai dalam sepekan ke depan yang mana siang hari jadi titik suhu terpanas," katanya. 

Untuk itu ia mengimbau masyarakat untuk mengkonsumsi air mineral secara cukup dan teratur. Agar terhindar dari dehidrasi, terutama saat beraktivitas di luar ruangan.

"Lalu gunakan pelindung seperti topi atau payung untuk melindungi kepala dan tubuh bagian atas, kacamata hitam melindungi mata, dan tabir surya. Ini untuk melindungi diri kulit dari paparan sinar ultra violet (UV)," ucapnya. (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan