GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==
Light Dark
Satlantas Polres Subang Ramp Check Puluhan Bus Pariwisata

Satlantas Polres Subang Ramp Check Puluhan Bus Pariwisata

Daftar Isi
×

Dalam rangka mengantisipasi, kecelakaan lalulintas, pasca kecelakaan yang merenggut nyawa belasan orang di jalur jalan raya Ciater-Bandung. Satuan Lantas Polres Subang, menggandeng Dinas Perhubungan Kabupaten Subang, melakukan Ramp Check puluhan Bus Pariwisata di Terminal Tipe A Subang, Sabtu (18/5/2024).

Satlantas Polres Subang Ramp Check Puluhan Bus Pariwisata

Kanit Kamsel IPDA M. Harry Santoso mengatakan, ramp check bus pariwisata tersebut dilakukan tentunya, guna mengecek kelayakan kir dan kelengkapan surat-surat kendaraan bus Pariwisata yang melintas di wilayah hukum Polres Subang. 

"Ramp check kendaraan tersebut dilakukan, untuk mengetahui layak dan tidaknya sebuah angkutan umum dipergunakan untuk digunakan sebagai angkutan wisata. Ramp check juga, tentunya dalam rangka antisipasi kejadian laka lantas, dan juga melakukan pengecekan pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh PO bus pariwisata,” ujar Ipda Harry kepada wartawan di Subang, Sabtu (18/5/2024).

Kanit Harry mengungkapkan, dari hasil pengecekan tersebut, ditemukan beberapa kendaraan yang terdapat melakukan pelanggaran. Diantaranya tidak melengkapi surat-surat kendaraan, sehingga kendaraan yang melanggar tersebut, akan dilakukan pemeriksaan lanjutan di Mapolres Subang

"Pihaknya sudah melakukan ramp check kendaraan angkutan pariwisata, yang berada di terminal Subang, guna mengecek Kir, dan kelayakan bus tersebut. Ada beberapa kendaraan yang berhasil kami jaring, dan akan kami lanjutkan pemeriksaannya di Mapolres Subang," terangnya.

Lebih lanjut Harry menjelaskan, kendaraan bus pariwisata yang berhasil terjaring melakukan pelanggaran pada saat dilakukan ramp check, diantaranya ditemukan kondisi kendaraan yang kurang kontrol perawatan, sehingga ditemukan oli yang sudah kadaluarsa, dan surat-surat kendaraan yang tidak dilakukan pengesahan, dan hanya fotocopy nya saja.

“Terhadap kendaraan bus pariwisata yang di dapati kurang perawatan, kami himbau agar dilakukan perbaikan dan perawatan secepatnya, tentunya agar bisa segera meneruskan perjalanan dengan aman, sementara untuk kendaraan yang dinyatakan aman kami arahkan untuk melanjutkan perjalanan,” kata Harry.

Sementara itu, Harry mengungkapkan, kegiatan ramp check ini akan dilakukan rutin setiap ada kegiatan libur panjang, untuk memastikan setiap masuk ke obyek wisata yang ada di kawasan Subang, dapat dipastikan kendaraan dalam keadaan aman.

“In Syaa Allah, kami akan melakukan secara berkala, untuk melakukan ramp check ini, sehingga kendaraan dapat beroperasi dengan kelayakan untuk jalan,” katanya, mengakhiri. 

0Komentar