Breaking News
---

Pohon Tertua di Dunia Berumur Hampir 5.000 Tahun

Pohon-pohon telah menjadi bagian integral dari kehidupan di Bumi selama berabad-abad. Mereka menyediakan perlindungan bagi satwa liar, memberikan oksigen untuk bernapas, dan menjadi saksi bisu atas perubahan yang terjadi di muka bumi. Namun, beberapa di antara mereka memiliki cerita yang lebih lama dari yang lain, cerita yang terpatri dalam garis waktu yang membentang ribuan tahun.

Pohon Tertua di Dunia Berumur Hampir 5.000 Tahun

Yuk! cari tau dan kita telusuri keajaiban alam yang tercatat sebagai 5 pohon tertua di dunia:

1.  Pohon Prometheus

Pohon yang satu ini ternyata menyimpan kisah panjang di usianya yang hampir 5.000 Tahun. Salah satu dari garis keturunan pohon pinus bristlecone, Prometheus, adalah saksi bisu dari perubahan yang luar biasa dalam sejarah Bumi. Dikutip dari laman Live Science, Prometheus adalah pohon pinus bristlecone Great Basin (Pinus longaeva) di Wheeler Peak, Nevada, yang hidup hampir 5.000 tahun. Pohon ini masih menjadi pohon dengan umur terpanjang yang pernah hidup dan didokumentasikan secara pasti. Namun, ia ditebang pada tahun 1964. Prometheus diizinkan untuk diambil sampel inti dan menebangnya. Terhitung ada 4.862 cincin dan diperkirakan usia pohon tersebut lebih dari 4.900 tahun. Dengan 4.862 cincin pada intinya, pohon ini memunculkan keajaiban alam yang masih menyisakan tanda-tanda usia yang luar biasa.

2.  Pohon Methuselah

Menurut data Guinness World Record, pohon tertua di dunia adalah pinus bristlecone (Pinus longaeva) bernama "Methuselah" yang ada di White Mountains, California, Amerika Serikat. Pohon individu tertua ini ditemukan oleh Edmund Schulman pada tahun 1957 dari sampel inti yang berusia lebih dari 4.800 tahun. Methuselah telah menjadi simbol keabadian di hutan White Mountains, California. Hingga saat ini Methuselah masih tegak kokoh dan dijaga rapih oleh Dinas Kehutanan AS dari perhatian yang berlebihan untuk melindungi kelestariannya.

3.  Pohon Llangernyw Yew

Berawal dari kisah Tradisi Tertua di Desa Wales Utara dimana di desa Llangernyw, Wales Utara, berdiri sebuah pohon yew yang mengangkat kisah-kisah lisan yang melampaui batas waktu yang dapat diukur secara pasti. Diperkirakan berusia setidaknya 4.000 tahun, Llangernyw Yew menghidupi tradisi dan sejarah dalam bentuk yang hidup. Dilansir dari laman BBC Science Focus, pohon Llangernyw Yew yang terletak di desa Llangernyw, Wales Utara, dikatakan berusia setidaknya 4.000 tahun. Pohon ini juga dikenal sebagai salah satu dari 50 pohon Great British di Inggris. Meski demikian, Llangernyw Yew belum terbukti umurnya secara ilmiah. Mereka mungkin lebih muda dari yang disebutkan atau lebih tua. Ini termasuk dalam daftar karena usianya dianggap setua tradisi lisan setempat.

4.  Pohon Alerce Milenario

Pohon yang Membayangi Perdebatan tentang usia pohon yang satu ini Berada di Taman Nasional Alerce Costero, Chili, Alerce Milenario menghadirkan misteri tentang usianya. Usia pohon Alerce Milenario hingga saat ini masih menjadi perdebatan, yakni berusia berkisar antara 2.400 hingga 5.484 tahun. Perdebatan tersebut mungkin saja terjadi lantaran pohon tertua di dunia tersebut, umur puncaknya didasarkan pada pemodelan komputer sebagai perkiraan sehingga hampir tidak mungkin untuk mengetahui secara pasti berapa umur pohon ini. Nama lain dari pohon cemara Patagonian ini adalah Gran Abuelo (kakek buyut), yang mengisyaratkan pada kebijaksanaan yang terpatri dalam batangnya yang menjulang dan berdiri di Taman Nasional Alerce Costero, Chili.

5.  Pohon BLK 227 Bald Cypress:

Pohon bald cypress BLK 227 berusia sekitar 2.629 tahun (ditemukan setidaknya berusia 2.624 tahun pada tahun 2018). Pohon ini adalah pohon tertua yang masih hidup di Amerika Utara bagian timur. Para peneliti menemukan pohon lain yang berusia lebih dari 2.000 tahun di wilayah yang sama. Pohon kuno bald cypress BLK 227 ditemukan berdiri di suatu tempat di Black River, Carolina Utara. Namun, lokasi pasti pohon tersebut tidak diungkapkan sebagai bentuk perlindungan. Pohon tertua di Timur Amerika Utara ini, tersembunyi di antara gemuruh aliran Black River, Carolina Utara, pohon bald cypress BLK 227 menawarkan pengetahuan tentang masa lalu yang bertahan lebih dari 2.600 tahun. Sementara lokasinya dirahasiakan untuk perlindungan, kehadirannya memberikan penghormatan kepada aliran waktu yang terus berjalan. Dari kekayaan White Mountains hingga lembah Chili, pohon-pohon ini bukan hanya penanda waktu, tetapi juga penjaga sejarah alam.

Meskipun mereka mungkin hanya diam tanpa bicara, namun kehadiran mereka adalah bukti keajaiban yang tak terbantahkan dari alam semesta ini. Semoga Pohon-pohon tadi tetap berdiri kokoh, menjadi saksi bisu bagi generasi-generasi yang akan datang.

(Sumber: rumahberita, kompas.com)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan