Breaking News
---

Menkopolhukam: TNI-Polri Siap Kawal Pilkada Serentak

TNI dan Polri siap mendukung kelancaran pelaksanaan pilkada serentak 2024 di wilayah Papua. Hal itu ditegaskan Menko Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam), Hadi Tjahjanto, Kamis (30/5/2024) di Jayapura, Papua.

Menkopolhukam: TNI-Polri Siap Kawal Pilkada Serentak di Papua

Menurut indeks kerawanan pemilu (IKP) 2024, sejumlah wilayah di Papua termasuk dalam kategori kerawanan tinggi. "Masih terdapat aksi kekerasan oleh kelompok bersenjata di beberapa tempat," ujar Menko.

Misalnya di Kabupaten Puncak, Yakuhimo, Paniai, Pegunungan Bintang, Nduga, Intan Jaya, dan Maybrat. Berdasarkan data intelijen, tingkat kerawanan pelaksanaan pilkada serentak di Papua cenderung lebih besar dibandingkan pada pileg dan pilpres.

Hal ini disebabkan berbagai hal seperti penyelenggara yang berpihak kepada salah satu pasangan calon dan tidak taat regulasi. Kemudian hasil penghitungan suara yang tidak sesuai kondisi riil di TPS dan politik uang.

Karena itu, Hadi meminta aparat intelijen benar-benar memperhatikan secara detil kekuatan aparat di Papua. "TNI dan Polri berkomitmen membantu demi kelancaran pilkada serentak di Papua," ujarnya.

Menko mengakui kondisi geografis Papua yang luas serta masyarakatnya yang secara demografis tersebar di berbagai penjuru. Karena itu, Hadi mengingatkan seluruh prajurit TNI dan Polri untuk terus bersinergi menjaga keamanan dan kedamaian di Papua.

"Mudah-mudahan tugas berat ini dapat dijalankan dengan baik," ucapnya. Sehingga, pelaksanaan pilkada serentak di seluruh wilayah Papua dapat berlangsung dengan lancar dan aman.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan