GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==
Light Dark
Kenaikan UKT Dibatalkan Setelah Makarim Dipanggil Presiden Jokowi

Kenaikan UKT Dibatalkan Setelah Makarim Dipanggil Presiden Jokowi

Daftar Isi
×
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim ke Istana Merdeka, Jakarta Senin (27/5/2024). Pemanggilan terhadap Nadiem tersebut berkaitan dengan beberapa isu di bawah kementeriannya.
Foto: Menteri Makarim

Nadiem mengatakan, pihaknya memutuskan membatalkan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di tahun ini. Dia memastikan, akan mengevaluasi permintaan terkait peningkatan UKT di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

"Kemendikbudristek mengambil keputusan untuk membatalkan kenaikan UKT tahun ini. Kami akan mere-evaluasi semua permintaan peningkatan UKT di PTN-PTN," kata Nadiem kepada awak media di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (27/5/2024).

Evaluasi-evaluasi tersebut dilakukan Nadiem dan jajarannya untuk peningkatan UKT di tahun-tahun berikutnya. Hal tersebut menjadi salah satu aspirasi yang didengarnya dari publik.

"Kami ingin memastikan kalaupun ada kenaikan UKT itu harus dengan asas keadilan dan kewajaran. Itu yang akan kita laksanakan," kata Nadiem menegaskan.

Dia pun berterima kasih kepada semua pihak, mulai dari masyarakat hingga rektor dan lain-lain atas masukan dan aspirasinya. Mengenai kebijakan lanjutan, Nadiem mengatakan, perlu didiskusikan terlebih dahulu dan akan dijelaskan jajaran dirjen.

"Untuk detailnya seperti apa kebijakannya akan dilakukan nanti dari Dirjen Dikti akan menjelaskan detailnya dalam waktu cepat. Sekali lagi, terima kasih atas waktunya," ujar Nadiem.(*)

0Komentar