Breaking News
---

Hari Ini Genap 26 Tahun, Hari Reformasi Nasional

Dua puluh enam tahun silam, tepatnya 21 Mei 1998, Soeharto mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden. Alasan utama mundurnya Soeharto adalah kerasnya tuntutan rakyat untuk melakukan reformasi di segala bidang, terutama tuntutan pergantian kepemimpinan nasional.

Foto : Mantan Presiden Soeharto dan Bj.Habibie

Dalam pidato pengunduran dirinya yang dibacakan di Istana Merdeka sekitar pukul 09.00 WIB tersebut, Soeharto mengakui bahwa langkah ini diambilnya setelah melihat "perkembangan situasi nasional" saat itu. Soeharto menyerahkan kekuasaan kepresidenan kepada Wakil Presiden BJ Habibie.

Peristiwa pengunduran diri Soeharto sebelumnya diwarnai oleh masif-nya kerusuhan sosial. Tidak hanya terjadi di Jakarta, kerusuhan juga meluas di seluruh kawasan Nusantara. Penculikan aktivis dan isu perkosaan terhadap warga keturunan Tionghoa, masih menyisakan misteri hingga saat ini.

Lengsernya Presiden Soeharto dari jabatannya pada 21 Mei 1998 menjadi momen lahirnya hari reformasi Indonesia. 21 Mei 2024 menjadi peringatan yang ke-26 tahun Hari Peringatan Reformasi atau Hari Reformasi Nasional.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan