Breaking News
---

Buruan Mendaftar ! 23 Perusahaan Buka Loker di Majalengka

Dinas Ketenagakerjaan dan KUKM Kabupaten Majalengka, mengadakan Job Fair. Ada 23 perusahaan yang ikut Job Fair dan membuka bursa lowongan kerja (Loker).

Sebanyak 23 Perusahaan Buka Loker di Majalengka Diserbu Pencari Kerja

Menurut Pj Bupati Majalengka, Dedi Supandi dari 23 perusahaan tersebut dibutuhkan karyawan sebanyak 4.995 calon pendaftar. Sayangnya lowongan kerja itu didominasi diperuntukan bagi kaum perempuan.

Sedangkan, lowongan kerja untuk laki laki hanya 10 persen saja. Padahal selama ini banyak pria yang membutuhkan lapangan pekerjaan, sehingga seolah lapangan kerja bagi laki-laki lebih sempit dibanding perempuan.

"Untuk itu kita akan segera melakukan evaluasi apa yang menjadikan lowongan pekerjaan sangat timpang. Karena, kebanyakan perusahaan menyediakan bursa kerja untuk perempuan," ucap Dedi, Rabu (29/5/2024).

Selain itu, Dedi pun mengatakan perlunya melakukan evaluasi kurikulum sekolah menengah kejuruan. Setiap sekolah harus mulai merubah kurikulum sekolahnya dengan kurikulum yang benar-benar dibutuhkan industri atau pasar kerja.

Jangan sampai kurikulum sekolah justru yang tidak dibutuhkan industri yang ada, dengan begitu lulusan sekolahnya akan sulit mendapatkan pekerjaan karena ilmu atau keterampilan yang dimilikinya tidak sesuai kebutuhan di perusahaan atau industri yang ada.

Makanya, kata dia, kurikulum sekolah harus menyesuaikan dengan kebutuhan industri yang ada, kurikulum SMK harus menyiapkan pendidikan yang diharapkan oleh pasar kerja.

"Dengan begitu bukan lagi calon tenaga kerja yang mencari pekerjaan melainkan sebaliknya, perusahaan yang akan datang ke sekolah untuk mengambil tenaga kerja," kata Dedi Supandi. (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan