Breaking News
---

Akibat Hujan Deras, Sejumlah Desa Kebanjiran di Kabupaten Cirebon

Hujan deras yang terjadi pada Kamis (23/5/2024) malam, membuat Sungai Cisanggarung meluap dan merendam sejumlah Desa di Wilayah Timur Kabupaten Cirebon pada Jum'at (24/5/2024) pagi.

Foto ilustrasi : Banjir di Kabupaten Bandung

Desa yang terendam Banjir diantaranya yakni Desa Jatiseeng Kidul dan Ciledug Lor Kecamatan Ciledug, Desa Cilengkrang dan Cilengkrang Girang Kecamatan Pasaleman, serta Desa Babakan Losari Lor Kecamatan Pabedilan.

Di Desa Cilengkrang Girang, Banjir merendam pemukiman dan mulai Pukul 04.00 WIB dengan ketinggian bervariasi dari 20 cm hingga 100cm.

Salah satu warga Desa Cilengkrang Girang, Dede Costa mengaku jika banjir kali ini tidak terprediksi karena hujan turun tidak terlalu deras.

"Biasanya kan sudah ada peringatan dan waspada Banjir, kalau Banjir sekarang warga kaget karena datangnya pagi saat masyarakat juga banyak yang masih tertidur," ucap Dede Costa.

Sementara Kuwu Babakan Losari Lor, Didi Sutardi mengatakan, Banjir hampir selalu terjadi setiap tahun terutama saat curah hujan dan debit Sungai Cisanggarung tinggi, sehingga air dari saluran Irigasi meluap ke Pemukiman.

"Kalau di Desa kami banjirnya bukan dari luapan Sungai Cisanggarung tapi dari Saluran Irigasi yang bermuara ke Sungai Cisanggarung. Nah ketika Cisanggarung Debitnya tinggi, saluran irigasi tidak bisa keluar sehingga meluap ke pemukiman," ujar Didi Sutardi.

Untuk mengatasi permasalahan banjir yang selalu terjadi, pihaknya sudah mengusulkan untuk pembuatan sodetan atau gorong-gorong, namun meski sudah berulangkali diusulkan ke Pemerintah Daerah maupun pihak-pihak terkait, namun sampai saat pembuatan gorong-gorong belum terealisasi, sehingga banjir selalu terjadi di desanya.

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan