GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==
Light Dark
Korsleting Listrik, Bangunan SDN Tunggakjati 1 Hangus di Lahap Api

Korsleting Listrik, Bangunan SDN Tunggakjati 1 Hangus di Lahap Api

Daftar Isi
×

Api besar melahap habis dua gedung Sekolah Dasar Negri (SDN) Tunggakjati I di Jln Proklamasi Jati Ilir II, RT02/05 Dusun Jati Ilir II, Desa Tunggakjati, Kecamatan Karawang Barat, pada Jumat (8/12/2023).

Foto : Diduga korsleting listrik, bangunan SDN Tunggakjati 1 Kecamatan Karawang Barat kebakaran hebat

Masyarakat setempat sempat panik karena khawatir api yang menggerus 2 gedung SD itu, ikut menyebar ke permukiman penduduk.

Beruntung, petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan BPBD Karawang cepat merespons dan berhasil menguasai api kurang dari satu jam kemudian.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, Mahpudin, menjelaskan bahwa pihaknya mendapat laporan pada pukul 16:40 WIB dan langsung mengarahkan anggota untuk segera menuju lokasi kejadian di sekolah yang terbakar. Wal hasil, kerja keras anggota Damkar, api dapat di jinakan sekitar pukul 17:25 WIB dengan mengerahkan dua unit armada pemadam.

"Dua gedung yang terbakar adalah ruang kelas 3 dan kelas 4. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Untuk penyebab dan total kerugian masih dalam penyelidikan pihak berwenang, " Ungkapnya. 
Foto : Diduga korsleting listrik, bangunan SDN Tunggakjati 1 Kecamatan Karawang Barat kebakaran hebat

Salah seorang guru kelas 5, Emi Karmila, memberikan keterangan kepada awak media, menyebutkan bahwa kebakaran diduga berasal dari konsleting listrik.

Kobaran api menghanguskan gedung sekolah hampir kurang lebih 70%, membakar dokumen di ruang kelas, serta fasilitas lainnya seperti kursi, meja, dan papan tulis. Total kerugian sendiri, diperkirakan mencapai Rp200 juta rupiah. Ia berharap, ada rekonstruksi bangunan sekolah lagi, agar Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) siswa bisa kembali normal paska kejadian.

"Beruntung, tidak ada korban jiwa karena murid sudah pulang sekolah sejak siang, " Ungkapnya. (Rd).

0Komentar