GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==
Light Dark
Berikut Daftar Penerima Penghargaan ATIKAN Jawa Barat 2023

Berikut Daftar Penerima Penghargaan ATIKAN Jawa Barat 2023

Daftar Isi
×

Anugerah TIK Pendidikan (ATIKAN) 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Jawa Barat, melalui Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Tikomdik) berlangsung secara apik dan entertainting. Penyelenggaraannya bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional bertema “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar”.

Penghargaannya sendiri diberikan untuk kategori Sekretariat dan Bidang di Disdik Jabar, Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik), Sekolah SMA, Sekolah SMK, Sekolah SLB, Pengawas SMA, Pengawas SMK, Pengawas SLB, Kepala SMA, Kepala SMK, Kepala SLB, Tenaga Kependidikan SMA, Tenaga Kependidikan SMK, Tenaga Kependidikan SLB, Siswa SMA, Siswa SMK, Siswa SLB, Guru SMA, Guru SMK dan Guru SLB. Di samping itu ada penghargaan untuk kategori Cloud Computing Club Competition (C4) SMA dan SMK.

Kepala Disdik Jabar, Wahyu Mijaya, mengungkapkan bahwa pemberian anugerah ini dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional.

“Alhamdulillah tadi kita bisa melihat, para guru dan para siswa yang memberikan kontribusi banyak dan menjadi panutan bagi yang lain. Sehingga kita berikan penghargaan dan kategorinya cukup banyak,” kata Wahyu, baru baru ini, di Hotel Holiday Inn Bandung, Kamis (30/11/2023).

Menurutnya, penggunaan teknologi pada era digital di lingkungan pendidikan, terus mengalami perubahan, maka pendidik harus bisa mengikuti kemajuan tersebut agar bisa bertahan dalam era global.

“Tidak hanya siswanya yang belajar tetapi juga gurunya yang harus terus belajar. Mudah-mudahan dari pemberian penghargaan ini menjadi pemicu bagi yang lain untuk terus berkarya dan mengikuti kemajuan teknologi saat ini,” kata Wahyu.

Sedangkan berkaitan dengan peringatan Hari Guru Nasional, Wahyu menyampaikan pesan pentingnya kepada guru, khususnya di Jabar? “Sebelumnya saya sampaikan terima kasih kepada setiap dedikasi, semangat dalam mengajar mendidik putra putri yang ada di Jawa Barat. Para guru kita yang telah memberikan kontribusi banyak untuk peradaban dunia ini, kami ucapkan terima kasih," bebernya.

Anugerah Atikan 2023 TiKomdik Disdik Jabar Digelar Spektakuler
Anugerah Atikan 2023 TiKomdik Disdik Jabar Digelar Spektakuler

Di tempat yang sama Kepala Balai Tikomdik Disdik Jabar, Firman Oktora mengatakan bahwa kegiatan pengharagaan ATIKAN, sengaja dikemas secara menghibur (entertaint), biar bisa dinikmati oleh semua, bahwa pendidikan itu menyenangkan, bahagia, sehingga pesan-pesan edukasi bisa tersampaikan dengan baik.

Dirinya pun berharap dengan pemberian anugerah ini bisa mengapresiasi dan kemudian bisa berkarya. Oleh sebab itu penghargaan ATIKAN Jabar bisa dilanjutkan setiap tahun, sehingga semua bisa mengapresiasi, berinovasi, berkolaborasi untuk mewujudkan kualitas belajar siswa.

Untuk diketahui yang menjadi dasar penilaian penerima anugerah di antaranya, untuk kategori sekolah dilihat dari sisi akselerasi sekolah dalam memanfaatkan faktor teknologi pendidikan yang di dalamnya ada peran guru, kepala sekolah, tenaga kependidikan.

Untuk kriteria penilaian pengawas sekolah, dilihat banyaknya aktifasi akun belajar.id dan pemanfaatan platform merdeka belajar di sekolah binaan para pengawas.

Sedangkan untuk penilaian kriteria kepala sekolah, sudah menggerakan aktifasi akun belajar.id di sekolah yang dipimpin, kemudian sudah menggerakan guru-gurunya menggunakan platform merdeka mengajar. Berbicara penilaian untuk kategori guru indikatornya yakni pemanfaatan platform teknologi pendidikan, seperti keikutsertaan dalam Pembatik, berbagi aksi nyata praktik baik, adopsi Jabar Masagi dan lainnya.

Berikut daftar penerima penghargaan ATIKAN tahun 2023:

Kategori Sekretariat dan Bidang di Disdik Jabar: Juara pertama Bidang PSMA.

Kategori Cabang Dinas Pendidikan: Juara pertama Cadisdik VII

Kategori SMA: Juara pertama SMAN 2 Kota Sukabumi

Kategori SMK: Juara pertama SMKN 2 Kabupaten Sumedang

Kategori SLB: Juara pertama SLB AT Turmudzi II Kabupaten Garut

Kategori Pengawas SMA: Juara pertama Tantan Abdullah, S.Pd., M.Pd., Kantor Cadisdik V

Kategori Pengawas SMK: Juara pertama Ela Mustikasari, SP., MM., Cadisdik Wilayah VIII

Kategori Pengawas SLB: Juara pertama Drs. Ate Suwandi, M.M.Pd., Cadisdik Wilayah XI

Kategori Kepala SMA: Juara pertama Munah Widiawati, S.Pd., M.Pd., SMAN 1 Sukatani, Kabupaten Bekasi

Kategori Kepala SMK: Juara pertama Rony Harimurti, S.Pd., M.M., Kepala SMKS Igasar Pindad, Kota Bandung

Kategori Kepala SLB: Juara pertama Dra. Dede Sumarni, M.M., Kepala SLBN Budi Utama

Kategori Tenaga Kependidikan SMA: Juara pertama SMAS Yahya Bandung Wetan, Kota Bandung.

Kategori Tenaga Kependidikan SMK: Juara pertama SMKS Tahta Syajar Kota Bekasi

Kategori Tenaga Kependidikan SLB: Juara pertama SD Negeri 2 Sentra PKPLK Kota Cimah

Kategori Siswa SMA: Juara pertama M. Farhan Fadlurrohman, SMAN 1 Kota Tasikmalaya.

Kategori Siswa SMK: Juara pertama Clarestha Adara Dieva, SMKS Dewantara Kabupaten Bogor

Kategori Siswa SLB: Juara pertama Aditia Suwandana, SLB Satria Galdin Kabupaten Bandung

Kategori Guru SMA: Juara pertama Nova Virdamahaputra, SMAN 1 Dramaga Kabupaten Bogor

Kategori Guru SLB: Juara pertama Aqmarina Indah Rahmasari, SLBN Bag B Kabupaten Garut

Kategori Cloud Computing Club Competition (C4) SMA dan SMK: SMAN 23 Kota Bandung dan SMKN 1 Kota Cimahi.(*)

0Komentar