GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==
Light Dark
Adaw... Ko Masih KPU Jabar Kecolongan, Akhirnya Calon Anggota KPU 4 Kabupaten/Kota Harus Seleksi Ulang

Adaw... Ko Masih KPU Jabar Kecolongan, Akhirnya Calon Anggota KPU 4 Kabupaten/Kota Harus Seleksi Ulang

Daftar Isi
×

KPU Provinsi Jawa Barat mengulang seleksi calon anggota KPU Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Barat 3. Karena salah satu tim seleksi calon anggota KPU Kabupaten/Kota Provinsi Jabar 3 terbukti sebagai anggota partai politik.

Logo KPU

Adapun, calon anggota KPU Kabupaten/Kota terdampak diantaranya Kota Depok, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur. Padahal, calon anggota KPU di 4 Kabupaten/Kota itu telah mengikuti seleksi hingga tahap akhir yaitu fit and proper test pada 2 Oktober 2023.

"Terkait komisioner KPU Depok belum ada sampai saat ini, karena proses seleksinya akan di ulang lantaran ada satu dari panitia tim seleksi Jabar 3 yang berafiliasi partai politik," ujar Koordinator Sekretariat (Korsek) KPU Kota Depok, Kamis (2/11/2023).

Sebelumnya, Komisioner KPU Jabar Heri Ardia mengatakan seleksi ulang calon anggota KPU Kabupaten/Kota Jabar 3 akan diambil alih oleh KPU Jabar. Namun hingga saat ini KPU Jabar belum mengumumkan kapan dan seperti apa bentuk seleksi ulang yang ditawarkan.

"Anggota tim seleksi yang terindikasi sebagai anggota partai politik tersebut pernah menjadi calon anggota legislatif di daerah Jambi. Hal ini diketahui setelah KPU Jabar melakukan verifikasi faktual terhadap seluruh anggota tim seleksi," kata Heri, Selasa (31/10).

Untuk Kota Depok misalnya, apakah KPU Jabar akan melakukan seleksi dari 51 calon anggota KPU Kota Depok yang sebelumnya lulus administrasi. Atau apakah KPU Jabar akan melanjutkan fit and proper test 10 nama-nama bakal calon anggota KPU Kota Depok sesuai hasil seleksi?.

Sebagai informasi, KPU RI telah melantik Anggota KPU 87 Kabupaten/Kota se Indonesia pada Senin 30 Oktober 2023 kemarin.

Meski demikian, Yodi memastikan, diulangnya proses seleksi calon anggota KPU Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Barat 3 tidak mengganggu tahapan pemilu 2024 di KPU Kota Depok. Karena Pelaksana Tugas (Plt) untuk tahapan pemilu di KPU Kota Depok ditarik semua oleh KPU Provinsi Jabar.

Anehnya, kenapa sampai sejauh ini KPU Provinsi Jabar baru melakukan verifikasi faktual terhadap anggota tim seleksi?. Bukankah hal itu mestinya dilakukan pada tahap awal rekrutmen tim seleksi.(*)

0Komentar