Breaking News
---

Terdampak Kekeringan, BPBD Distribusikan Air Bersih bagi Warga Karawang

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang mencatat sebanyak 369 Kepala Keluarga (KK) atau 1.039 jiwa warga terdampak kekeringan. Ribuan jiwa tersebut terdiri dari warga di dua desa di Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Foto : Dampak kekeringan di Karawang

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, wilayah terdampak kekeringan berada di Desa Jatilaksana dan Kertasari. Menurutnya, kondisi ini dipicu oleh ketidak adaan hujan sehingga terjadi kekeringan.

​"BPBD langsung mendistribusikan air bersih ke wilayah terdampak. Sebanyak 4 titik pendistribusian air dengan total 20.000 liter yang dilakukan dengan 4 mobil tangki air dengan kapasitas 5.000 liter," kata Abdul, Senin (2/10/2023).

Berdasarkan analisis BNPB, fenome El Nino berdampak kuat pada musim kemarau di Indonesia Juli hingga Oktober. Banyak wilayah berpotensi akan memasuki puncak musim kemarau hingga bulan ini.

Sedangkan dilihat pada prediksi curah hujan bulanan, curah hujan pada kategori rendah pada bulan ini dialami beberapa wilayah di Indonesia. Salah satunya di Pulau Jawa.

Menghadapi potensi krisis air sepanjang Oktober, BNPB mengimbau warga untuk bijak dalam penggunaan air bersih. Penanganan yang dilakukan pihak BPBD lebih pada penanganan jangka pendek, yaitu pendistribusian air bersih kepada masyarakat. (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan