GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==
Light Dark
Kereta Cepat Jakarta-Bandung Opsi Transportasi Piala Dunia U-17

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Opsi Transportasi Piala Dunia U-17

Daftar Isi
×

FIFA membuka opsi penggunaan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sebagai transportasi penghubung dua venue Piala Dunia U-17 2023, di kedua kota. Hal ini diapresiasi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir.

Kereta Ap Cepat

“KCJB merupakan bentuk peningkatan pelayanan transportasi publik. Masyarakat dapat menuju wilayah Bandung-Jakarta dengan waktu yang singkat dan bebas kemacetan di jalan raya,” kata Erick dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (4/10/2023).

“Whoosh (KCJB) menawarkan efisiensi dari segi waktu, kehadirannya akan sangat membantu penyelenggaraan Piala Dunia U-17. Terutama berkaitan waktu yang dihemat saat terjadi mobilisasi orang di dua kota,” katanya, menambahkan.

Erick membeberkan, waktu tempuh perjalanan yang kurang dari satu jam amat efektif memudahkan tim-tim peserta. Personel Local Organizer Committe (LOC), dan juga FIFA untuk berpindah kota saat Piala Dunia U-17 berlangsung.

“Jarak Jakarta Bandung jadi terasa dekat, kereta cepat sudah siap digunakan buat Piala Dunia U-17. Pesan ini sudah kami sampaikan ke FIFA supaya jangan ragu memaksimalkannya,” ujarnya.

Meminimalkan waktu menjadi kunci kelancaran Piala Dunia U-17 di Indonesia. Empat grup akan memainkan pertandingan penentuan grup di Jakarta dan Bandung bersamaan.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Opsi Transportasi Piala Dunia U-17

Keempat grup tersebut adalah Grup C, D, E, dan F. Partai penentu empat grup akan berjalan bersamaan pada Jumat (17/11/2023) dan Sabtu (18/11/2023).

Venue Jakarta akan menghelat dua laga babak 16 besar dan 2 laga perempat final. Sementara Bandung, menggelar dua babak perdelapan final.

Sebelumnya, pada Sabtu (23/9/2023), dua personel FIFA Marcin Tomasz Stanowski dan Mike Wettstein, didampingi sejumlah personel LOC telah melakukan assessment kereta cepat. Keduanya tampak puas setelah melakukan uji coba perjalanan Jakarta-Bandung pulang pergi.

KCJB diresmikan Presiden RI Joko Widodo di Stasiun Halim, Jakarta Timur, Senin (02/10/2023). KCJB yang diberi nama, WHOOSH, merupakan akronim dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat.

KCJB merupakan kereta berkecepatan tinggi pertama di Indonesia dan Asia Tenggara. KCJB memiliki kemampuan melaju hingga kecepatan 350 kilometer per jam.

0Komentar