Breaking News
---

Jutaan ASN Terbagi Empat Generasi Berbeda

Sebanyak 4,4 juta ASN di Indonesia terbagi ke dalam empat generasi berbeda. Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, keempat generasi tersebut memiliki persoalan berbeda-beda.(3/10/23).

Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Zudan Arif Fakrulloh 

"Persentasenya 77,7 persen di daerah dan 22,3 persen ada di pusat. ASN terbagi empat generasi, umur 21-30 (10 persen), 31-40 (27 persen), 41-50 (31 persen), usia lanjut 30 persen," katanya saat berpidato di Rakernas Korpri 2023, di Jakarta, Selasa (3/10/2023).

Zudan mengungkapkan, salah satu tantangan yang dihadapi Korpri yakni soal komunikasi. Sementara, program kerja diperintahkan pemerintah kepada Korpri harus dijalankan oleh empat generasi ASN tersebut.

"Ada empat generasi yang kita kalau berkomunikasi harus berbeda. Ini pekerjaan berat untuk pengurus Korpri,

adik-adik kita yang sudah beda generasi memerlukan sentuhan khusus," ucap Zudan.

Ia menuturkan, Korpri juga selalu mencatat arahan-arahan penting dari Presiden Joko Widodo. Terutama dalam mencari solusi untuk dapat keluar dari middle income trap (terjebak sebagai negara berpendapatan menengah). 

"Jebakan penghasilan kelompok menengah yang tidak naik-naik. Kita membutuhkan birokrasi yang kuat," ujar Zudan.

Rakernas Korpri ini dihadiri Presiden Jokowi, Mendagri Tito Karnavian, dan MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas. Hadir pula Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. ​(*)


Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan