GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==
Light Dark
Hanya Andalkan Beras, Ketahanan Pangan Indonesia Terancam

Hanya Andalkan Beras, Ketahanan Pangan Indonesia Terancam

Daftar Isi
×

BRIN menegaskan, ketahanan pangan Indonesia terancam jika hanya mengandalkan padi atau beras sebagai makanan pokok utama masyarakat. Oleh sebab itu, pentingnya membudidayakan tanaman sorgum dan jagung, sebagai pilihan utama dalam bahan pokok selain beras.

"Hampir 90 persen penduduk Indonesia mengkonsumsi beras, kalau pangan pokok itu tergantung pada beras, tentunya akan sangat membahayakan. Karena, luas lahan (tanam padi) kita sangat terbatas, area tanam hanya tujuh juta hektare," kata Kepala Pusat Riset Tanaman Pangan BRIN Yudistira Nugraha, Minggu (22/10/2023).

Ia pun menyoroti, tanaman padi yang hanya bisa ditanam setahun dua kali. Bahkan, hasil panennya, belum tentu terjadi dua kali.

"Kita saat ini bisa memproduksi 54 juta ton beras, di satu sisi pertumbuhan penduduk terus terjadi. Kalau tergantung pada beras, ini tidak akan mencukupi," ucapnya.

Dalam tantangan perubahan iklim ekstrem dan El-Nino saat ini, kata Yudistira, tanaman padi sangat mudah layu. Di musim kemarau ekstrem sekarang ini, otomatis padi membutuhkan air yang sangat besar.
Kekeringan


"Dan tentunya, dalam budidaya padi menggunakan air, tentu kita harus menyediakan lahannya. Dalam menyediakan air ini juga perlu pembangunan  bendungan, saluran irigasi dan lainnya," ujarnya.(*)

0Komentar