GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==
Light Dark
Angklung Pride di November 2023, Saung Angklung Udjo Bakal Gaet Milenial

Angklung Pride di November 2023, Saung Angklung Udjo Bakal Gaet Milenial

Daftar Isi
×

Kebangkitan Saung Angklung Udjo juga ditandai dengan pecahnya Guinness Book Of Record, pagelaran bermain angklung terbesar dengan 15.110 peserta di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, menjadi pintu masuk yang cukup lebar bagi Udjo Reborn.

Angklung Pride di November 2023, Saung Angklung Udjo Bakal Gaet Milenial

Saung Angklung Udjo juga bakal kembali menggelar even Angklung Pride pada bulan November 2023, yang merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh Saung Angklung Udjo untuk memperingati hari disahkannya angklung sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO sejak 16 November 2010, dan hari angklung sedunia.

Angklung Pride juga sebagai bentuk apresiasi untuk menjaga, memelihara, meregenerasi kan  dan mempromosikan angklung sebagai warisan budaya tak benda dunia  serta pemberian gelar angklung sebagai Infangible Cultural Heritage of Humanity dari UNESCO.

"Sasaran sekarang ini kita akan ajak milenial-milenial terutama yang bermain dengan alat modern. Kita akan ajak berkolaborasi masuk ke dunianya mereka, dan mereka juga akan diajak masuk ke dunia kita,"jelas Taufik Hidayat Udjo atau Kang Opik, di Saung Angklung Udjo Rabu, (25/10/2023) malam.

Kang Opik juga mengungkapkan, Saung Angklung Udjo juga berniat menyelenggarakan even, dimana seluruh masyarakat Kota Bandung bermain angklung pada saat bersamaan. Ini merupakan salah satu apresiasi dimana angklung menjadi ikon Kota Bandung, dan Kota Bandung sebagai kota angklung.

"Masyarakat Bandung bukan hanya mengenal, tapi bisa menikmati, menonton dan memainkan angklung. Minimal warga Kota Bandung bisa memainkan angklung. Dan juga dapat menjadi ciri khas kota, bagaimana Bandung itu diwarnai ada angklungnya,"kata Kang Opik.

Saung Angklung Udjo yang sempat terpuruk ketika pandemi Covid-19 melanda, kini kembali bangkit. Kerja keras seluruh elemen di Saung Angklung Udjo, membuat Saung Angklung Udjo kembali dilahirkan.

Udjo Reborn pun dideklarasikan, untuk mengapresiasi kebangkitan kembali Saung Angklung Udjo.

"Hampir dua tahun, dan dengan semangat serta kerja keras, Alhamdullilah, Saung Angklung Udjo seperti terlahir kembali. Dengan semangat yang lebih besar dan tentu dengan pola-pola yang lebih baru,"ucap Kang Opik.

Ia juga mengatakan, kondisi pasca pandemi Covid-19, kunjungan ke Saung Angklung Udjo sudah normal kembali. Bahkan kunjungan ke Saung Angklung Udjo, kerap mengalami overload. Sehingga pihaknya sebagai pengelola, mensiasati dengan berbagai cara, agar kunjungan ke Saung Angklung Udjo dapat terlayani.

"Kebanyakan dari luar kota. Hebatnya itu ya, kalau sudah penuh mereka menunggu waktu kapan Saung Angklung Udjo kosongnya. Itu luar biasa,"ucap Kang Opik  yang kini maju pada kontestasi Pileg ini.

Disinggung mengenai program baru Saung Angklung Udjo yang reborn (kembali lahir) ini, Taufik mengatakan dengan konsep 'Keep the Old One Create the New One',  Saung Angklung Udjo tetap berpegang teguh kepada tradisi dan budaya, dan juga mengikuti trend mengikuti perkembangan zaman, serta menciptakan sesuatu yang baru.(*)

0Komentar