GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==
Light Dark
Pulau Nias Diguncang Gempa Magnitudo 4,2 Guncang

Pulau Nias Diguncang Gempa Magnitudo 4,2 Guncang

Daftar Isi
×

Gempa berkekuatan Magnitudo 4,2 mengguncang wilayah Pulau Nias, Sumatra Utara, pada Minggu (10/9/2023) pukul 10.55 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan episenter terletak pada koordinat 1,09 Lintang Utara dan 97,16 Bujur Timur.

Foto ilustrasi

Atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 35 kilometer barat laut Kabupaten Nias Barat pada kedalaman 18 kilometer. Kepala BMKG Wilayah I Medan, Hendro Nugroho, mengatakan gempa disebabkan aktivitas subduksi di bagian barat Pulau Sumatra.

"Ini berdasarkan pengamatan terhadap lokasi episenter dan kedalaman hiposenter," ujarnya. Berdasarkan laporan warga disebutkan bahwa guncangan terasa hingga ke Kota Gunungsitoli.

"Getaran dirasakan beberapa orang sambil melihat benda-benda ringan yang digantung bergoyang, " kata Hendro. Dilaporkan hingga pukul 12:00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan tidak ada kejadian gempa bumi susulan (aftershock).

BMKG selanjutnya mengimbau dihimbau agar warga tetap tenang dan waspada. "Jangan terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujar Hendro.(***)

0Komentar