GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==
Light Dark
Ketum PSSI: Kemenangan Timnas Kado Spesial Haornas

Ketum PSSI: Kemenangan Timnas Kado Spesial Haornas

Daftar Isi
×

Kemenangan Timnas Indonesia U-23 dengan skor 9-0 atas Taiwan menjadi kado terindah untuk Indonesia. Ini bertepatan dengan momentum Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang jatuh pada 9 September.

Ketua PSSI Erick Thohir

"Ya, tanggal 9 September 1948 merupakan Haornas. Kemenangan Timnas Indonesia U-23 tentu menjadi hadiah buat Haornas yang memang lahirnya di Kota Solo," ujar Ketua Umum PSSI Erick Thohir kepada wartawan di lobby Stadion Manahan Solo usai menyaksikan laga Kualifikasi Piala Asia U-23, Sabtu (09/09/2023) malam.

"Pada saat itu berlangsung Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di Kota Solo. Angka kemenangannya juga pas ya, 9-0," katanya.

Erick yang juga Menteri BUMN itu juga mengucapkan selamat kepada Timnas U23 Indonesia. Namun di sisi lain, dia juga mengingatkan agar ke depan Timnas Indonesia tidak lengah atas kemenangannya. 

"Kami menyampaikan  selamat kepada Indonesia. Saat saya masuk ke locker room, saya sampaikan ke Coach Shin Tae-Yong dan tentu  berharap agar tim ini benar-benar fokus untuk masa depan kita," kata Erick.

Ketum PSSI juga berharap tim asuhan pelatih Shin Tae-Yong mampu bermain baik dalam pertandingan berikutnya. Indonesia akan melawan Turkmenistan pada 12 September 2023.

"Karena kita berharap tentu kalau tanggal 12 nanti kita bermain baik, kita masuk yang namanya Kejuaraan U-23 AFC di Qatar bulan April sehingga itu babak Kualifikasi Olimpiade," katanya.

"Timnas Turkmenistan juga bukan tim yang bisa dianggap sebelah mata. Mereka menang 4-0 atas Timnas Taiwan dan beberapa pemain yang kemarin bertanding dengan tim senior akan bergabung juga di tim U-23 mereka. Jadi kita harus tetap fokus," katanya.

"Kalau nanti sama Turkmenistan, bismillah, hasilnya baik, nanti ke Qatar. Jadi ya fokus lagi kalau ingin menjadi tim yang bisa Indonesia banggakan karena ini. Saya bilang mereka, ya bismillah lagi," kata dia.

Erick menyebut Tim Indonesia saat ini merupakan generasi emasnya Indonesia. Menurutnya, Indonesia telah bermain bagus dalam laga kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang berlangsung Sabtu malam.

"Kita bisa lihat hari ini di babak pertama standarnya sudah pada tingkat yang tidak pernah kita lihat ya. Babak kedua pun masih bisa standarnya. Tapi kembali lagi, bisa nggak jika Indonesia bermain seperti itu dengan tim-tim besar?" kata dia.

Kemenangan telak atas Taiwan membuat Indonesia menjadi pemuncak klasemen sementara Grup K. Indonesia mendapat tiga poin, unggul selisih gol dari Turkmenistan.

Untuk menjadi juara grup, Tim Garuda hanya membutuhkan hasil imbang melawan Turkmenistan, Selasa (12/09/2023). Berikutnya, Indonesia dapat masuk putaran final Piala Asia U-23 2024 di Qatar yang berlangsung 15 April-3 Mei 2024.(***)

0Komentar