GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==
Light Dark
Kapolri Kirim Pasukan ke Afrika dalam Misi Perdamaian PBB

Kapolri Kirim Pasukan ke Afrika dalam Misi Perdamaian PBB

Daftar Isi
×

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melepas keberangkatan Kontingen Garuda Bhayangkara (Garbha) Satgas FPU 5 Minusca yang akan bertugas di Bangui, Afrika Tengah.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Polri mengirimkan Kontingen Garbha Satgas FPU 5 Minusca dalam misi pemeliharaan perdamaian PBB di Bangui, Afrika Tengah. Kontingen diikuti 140 personel Polri dengan rincian 116 Polki dan 24 Polwan. Polri telah mengirimkan personel sebanyak 3184 Personel Polri ke MPP PBB.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kementerian Luar Negeri, Divhubinter Polri, dan seluruh pihak yang turut berkontribusi dalam mendukung kesiapan kontingen ini,” kata Kapolri di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta, Selasa (19/9/2023).

Satgas FPU 5 MINUSCA sebelum diberangkatkan ke daerah misi wajib melewati tahapan latihan Pra Penugasan selama 7 Bulan di Pusat Misi Internasional Polri (Serpong) dan juga telah dibekali dengan kemampuan berstandar PBB seperti penanganan huru hara, penanganan Search& Rescue, investigasi, intelijen, negosiasi, kontra teroris, perlindungan VIP, penembak jitu, komunikasi elektronik, mekanik hingga medical combat.

Kapolri berharap upacara pelepasan tersebut makin meningkatkan kebanggaan dan semangat seluruh personel Garbha Satgas FPU 5 Minusca. Kapolri berharap pelaksanaan misi dapat berjalan optimal serta berkontribusi terhadap perdamaian di wilayah penugasan.

Kapolri mengatakan, sebagaimana amanat Piagam PBB yang ditandatangani 26 Juni 1945, Dewan Keamanan PBB melaksanakan operasi 3 pemeliharaan perdamaian PBB guna mewujudkan perdamaian dan keamanan internasional. Ini melibatkan negara-negara anggota PBB, termasuk Indonesia.(*)

0Komentar