GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==
Light Dark
Dede Yusuf Ingatkan Pentingnya Pemajuan Kebudayaan

Dede Yusuf Ingatkan Pentingnya Pemajuan Kebudayaan

Daftar Isi
×

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf menyatakan Direktorat Jenderal Kebudayaan di dalam Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui, memiliki sejumlah peran strategis, salah satunya dalam hal Pemajuan Kebudayaan.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf

Karena itu, Dede Yusuf menilai penyelenggaraan kegiatan sosialisasi Pemajuan Kebudayaan kepada masyarakat sangat penting bagi bangsa dan negara.

Hal itu disampaikan Dede Yusuf dalam kegiatan bertajuk "Sosialisasi Pemajuan Kebudayaan Sebagai Haluan Pembangunan Nasional," di Kabupaten Bandung, Sabtu (23/9/2023).

"Nah Pemajuan Kebudayaan inilah yang kemudian kami buatkan programnya menjadi Sosialisasi Pemajuan Kebudayaan, karena masih banyak yang tidak paham yang dimaksud dengan Pemajuan Kebudayaan apa," ujarnya.

Ia mengaku ini adalah pertama kali pihaknya bekerjasama dengan Ditjen Kebudayaan dan Pemerintah Daerah, menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pemajuan Kebudayaan.

"Mungkin ke depan masih akan ada beberapa kali lagi. Kita akan lihat target-targetnya adalah mungkin sanggar-sanggar, guru-guru kesenian, Pemerintah Daerah," katanya.

"Pentingnya pemajuan kebudayaan itu bisa menjadi sebuah kekuatan di tengah sekarang kondisi kita masalah kenakalan remaja, lalu kemudian era media sosial," sambungnya.

Menurut dia, saat ini sudah masuk era yang disebut sebagai Global Citizen, atau warga negara dunia. Oleh sebab itu sudah tidak dapat lagi menghambat kebudayaan dunia masuk ke Indonesia, kalau masyarakat tidak memiliki pertahanan kebudayaan.

"Itu yang sekarang mulai terjadi di Bali, kita pernah lihat ada warga negara asing sudah masuk, dan bahkan cenderung mau mengacak-acak kebudayaan yang sudah berlaku di sana dengan gaya mereka, nah ini berbahaya," ucapnya.

"Bukan kita melarang, tapi kita justru harus lebih kuat lagi mempertahankan kebudayaan atau kekayaan warisan budaya kita. Caranya apa? memahami yang mana kebudayaan kita, yang mana harus diproteksi, yang mana harus kita majukan," tegasnya.(*)

0Komentar