GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==
Light Dark
Berikut Susunan Acara Pembukaan Asian Games 2022

Berikut Susunan Acara Pembukaan Asian Games 2022

Daftar Isi
×

Setelah tertunda setahun, Asian Games Hangzhou 2022 akhirnya dibuka di Hangzhou Olympic Sports Centre Stadium, Sabtu (23/9/2023) malam. Berikut susunan acara opening ceremony ajang multievent terbesar se-Asia itu.

Susunan Acara Pembukaan Asian Games 2022

Pembukaan itu akan mengusung tema "Tides Surging in Asia" alias "Gelombang Kebangkitan di Asia". Jumlah penonton diperkirakan mencapai 50.000 orang dari total 80.000 orang kapasitas stadion tersebut.

Upacara pembukaan akan berlangsung selama 115 menit. Presiden Tiongkok Xi Jinping dijadwalkan membuka langsung acara tersebut.

Selepas itu, akan ada tarian kolosal yang menggambarkan aliran air yang menjadi sumber peradaban Tiongkok. Terdapat replika Kanal Besar Beijing-Hangzhou dan Danau Barat yang keduanya masuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Pada pembukaan Asian Games 2022 nanti, semua negara peserta akan tampil dalam acara pembukaan tersebut. Dan seperti biasanya, para atlet akan membawa bendera negara dalam parade.

Hernanda Zulfi dan Nandhira Mauriskha bakal menjadi atlet pembawa bendera Indonesia dan yang berdiri paling depan pada parade nanti. Hernanda meripakan atlet timnas voli putra Indonesia, semenrtara Nandhira merupakan atlet wushu Indonesia.

Pada opening ceremony nanti, Hernanda Zulfi akan mengenakan baju adat lengkap dari Pulau Rote. Sedangkan Nandhira bakal mengenakan baju adat Betawi.

Berbeda dengan Asian Games edisi-edisi sebelumnya, Hangzhou tidak akan menampilkan pertunjukan kembang api konvensional dalam upacara pembukaan itu. Hal ini karena memegang teguh komitmen untuk menekan emisi karbon.

Sebagai gantinya, mereka telah menyiapkan konsep pembukaan inovatif. Mereka akan membuat langit malam Hangzhou bermandikan cahaya warna-warni dengan sentuhan visual tiga dimensi dan augmented reality (AR).

Pebukaan tentu akan diisi oleh pidato beberapa petinggi tuan rumah, seperti Presiden Tiongkok Xi Jinping hingga presiden NOCnya China. Setelah itu akan dibacakan sumpah atlet dan juri untuk bertanding sportif pada ajang Asian Games 2022.

Pembukaan ditutup dengan pemutaran video yang berjudul “Welcome to Hangzhou”. Dan Asian Games 2022 resmi dibuka

Sementara, sebanyak 18 atlet Bali akan membela Indonesia dalam Asian Games 2023, di Hangzhou, Tiongkok, 23 September - 10 Oktober 2023. KONI Bali berharap para atlet memberikan prestasi terbaik dengan menyumbang medali.

"Harapan saya, harapan masyarakat Bali. Bagaimana bisa memberikan yang terbaik seperti yang saya sampaikan," kata Ketua Umum KONI Bali I Gusti Ngurah Oka Darmawan, Sabtu (23/9/2023).

Menurut Oka, dari 18 atlet itu didominasi atlet cricket sebanyak sembilan orang. Sedangkan dari cabang olahraga atlet lainnya hanya satu orang.

"Sembilan atlet lainnya dari sembilan cabang olahraga berbeda. Yakni karate, menembak, judo, taekwondo, atletik, panjat tebing, skateboard, bulutangkis dan balap sepeda," ujarnya.

Selain itu, Asian Games ini menjadi debut atau pengalaman pertama bagi Komang Ayu Cahya Dewi. Juga bagi dua pemain bulu tangkis lainnya.

Ia adalah Chico Aura Dwi Wardoyodan dan Ester Nurumi Tri Wardoyo. "Mudah-mudahan mereka juga dapat medali," ujarnya.

Oka juga meminta ke-18 atlet Bali untuk berjuang di Asian Games Hangzhou ini. Oka berjanji akan memberikan hadiah bagi atlet Bali yang berprestasi.

"Maunya berjuang dulu, bekerja dan berjuang. Nanti pasti ada reward," kata dia. (*)

0Komentar