Breaking News
---

Saat Berada di Cikampek Karawang, Menteri Erick Thohir Bilang Seperti Ini Untuk Pemudik

Jumlah arus mudik yang melintas di ruas tol Jakarta-Cikampek tercatat mencapai 6.000 mobil per jam pada hari ini, Sabtu (30/4/2022) atau melebihi prediksi 4.000 mobil per jam pasca puncak mudik 29 April 2022 kemarin.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengatakan bahwa jumlah ini menandakan adanya ledakan arus mudik karena antusiasme masyarakat untuk pulang kampung setelah selamat dua tahun akibat pandemi COVID-19.

Jadi saya minta dengan segala kerendahan hati masyarakat harus tertib, juga harus saling membantu dengan seluruh aparat. Ini tidak ada maksud apa-apa karena ini bagian bagaimana kesuksesan (pengendalian arus mudik),” ujar Menteri BUMN dalam kunjungan kerja di Posko Pelayanan dan Monitoring Mudik Aman dan Sehat di Cikampek, Provinsi Jawa Barat pada Sabtu (30/4/2022).

Menurut Menteri Erick, masyarakat yang mudik harus menyadari pentingnya penerapan di jalan, khususnya jalan tol yang saat ini sangat padat walaupun sudah diberlakukan kebijakan satu arah ke Jawa Tengah.

Dengan tertib dan hati-hati, maka perjalanan akan berjalan lancar dan selamat sampai tujuan bertemu keluarga di rumah.

“Tujuan mudil adalah dengan bertemu keluarga, kalau justru terjadi apa-apa, dia kan yang rugi juga untuk keluarganya,” menambahkan.

Erick juga mengatakan, pemerintah sudah melakukan beberapa kali koordinasi dengan Kementerian Kementrian untuk mengantisipasi arus mudik di berbagai moda transportasi.

Dalam hal antisipasi yang paling utama dilakukan pada transportasi darat karena didominasi kendaraan pribadi yang tidak memiliki jadwal keberangkatan dan mudik mudik.

“Kita sudah mengantisipasi bahwa (arus mudik) darat ini akan macet, karena sejak awal pemerintah mendorong dilakukan mudik lebih awal. Juga mendorong buka tutup, bahkan sudah satu arah,” katanya.

Lebih lanjut Menteri Erick mengatakan, kedatangannya ke posko Pelayanan dan Monitoring Mudik Aman dan Sehat di Cikampek untuk memberikan dorongan moral kepada semua pihak yang terlibat dalam pengendalian arus mudik 2022.

Dia juga mengapresiasi para petugas mudik yang telah melakukan beberapa hari ini bekerja selama 24 jam di jalan dan meninggalkan keluarga

Erick Thohir

“Mereka (Petugas) ada yang anaknya tiga anak-ananknya usia lima tahun, ada yang enam bulan, mereka harus disini untuk tugas. Dorongan moral ini terasa jauh lebih penting dibandingkan dengan saya malah menghadapi ini,” tutupnya.(zx)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan