Breaking News
---

Catat! Besok PPKM Mikro di Semua Provinsi, Apa Sekolah Buka?

Pemerintah memperpanjang pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro. Perpanjangan akan dimulai tanggal 1 hingga 14 Juni 2021.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto mengatakan langkah ini merujuk data yang menunjukkan peningkatan kasus positif maupun kasus aktif virus corona (Covid-19) di Indonesia belakangan ini.

Seluruh provinsi di Indonesia akan melaksanakan PPKM mikro. Lalu apakah sekolah tetap boleh dibuka meskipun PPKM Mikro berjalan?

Guru Besar Fakultas Kedokteran UI Prof Dr dr Soedjatmiko, SpA (K), Msi dalam bahan paparan KCP PEN mengungkapkan beberapa hal yang harus disiapkan dalam pembukaan sekolah.

Misalnya pertama, sekolah harus mempertimbangkan soal kasus baru positif covid-19 dan kematian di wilayah tersebut harus turun terus menurus dalam dua pekan atau lebih sebelum sekolah dibuka untuk tatap muka.

Kemudian Guru bertugas mengatur dan mengawasi murid-murid ketika datang atau pulang agar tidak saling bermain.

Bila memungkinkan semua guru PCR terlebih dahulu. Selain itu, pengaturan jumlah murid, jarak dan posisi meja juga lebih longgar agat murid tidak berdekatan.

Pembukaan sekolah pun harus dilakukan bertahap dari tingkat Mahasiswa dan SMA kemudian ke SMP dan SD.

Selain itu, Komite Sekolah harus mengecek juga kesiapan para guru dan sarana di sekolah. 

Sumber : CNBC

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan