Breaking News
---

Gempa Bumi di Purwakarta Pagi Ini Terasa Getarannya Hingga ke Bandung

Kabar gempa bumi besar di Yunani hingga terasa kuat di 2 negara lain semalam membuat dunia ikut prihatin dengan keadaan disana.

Pasalnya gempa bumi di Yunani tersebut berkekuatan cukup besar 7,0 magnitude yang berpusat di laut dan dekat daratan hingga menimbulkan korban ratusan orang.

Usai gempa Yunani, ternyata pagi ini Sabtu, 31 Oktober 2020 gempa bumi juga melanda di Indonesia khususnya wilayah Jawa bagian barat.

Gempa bumi kali ini berpusat di daratan Purwakarta dengan kekuatan 2,6 magnitude yang terjadi pukul 05.25 WIB.

Kedalaman gempa bumi termasuk dangkal yaitu 10 dengan koordinat lokasi 6.71 LS dan 107.33 BT.

Pusat gempa yang berada di darat ini sejauh 21 km dari arah barat daya Kabupaten Purwakarta dan menlansir dari laman BMKG dirasakan di wilayah MMI II Bandung Barat.

Belum ada laporan kerusakan dari masyarakat hingga berita ini diturunkan mengenai gempa bumi di Purwakarta yang terasa sampai ke Bandung ini.

Menurut BMKG Bandung dilansir dari siaran pers di Instagramnya, gempa di Jawa Barat tersebut merupakan gempa jenis tektonik.

Dimana memperhatikan episenter dan lokasi hiposenter gempanya, serta terjadinya gempa dangkal ini akibat aktivitas sesar lokal di wilayah Purwakarta.

Hingga pukul 05.48 berdasarkan analisis hasil monitoring BMKG, belum menunjukkan aktivitas gempa bumi susulan. Namun masyarakat tetap harus berhati-hati karena bisa jadi gempa susulan mungkin terjadi.

Kepada masyarakat dihimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya serta selalu ikuti terus perkembangan informasi dari laman resmi serta media sosial BMKG yang sudah terverifikasi.***

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan