Breaking News
---

Misteri Suara Burung Ini Pertanda Kematian?


KARAWANG, PEKADemam burung kicau saat ini terus melanda hampir diseluruh pelosok Karawang menggemari burung kicau. Entah mengakar dari mana masyarakat dari kaula muda hingga dewasa kepincut dengan burung kicau ini.

Ilustrasi Burung Kematian
Namun untuk burung kicau yang satu ini, Sirit Uncuing dianggap menjadi mala petaka bagi para pencita burung, terlebih saat bersura. Bahkan bagi yang belum tahu mitosnya, mungkin akan menganggap Sirit Uncuing ini sebagai burung yang eksotis. Tidak salah sih, karena perpaduan bulunya memang cantik. Warna orange tubuhnya disembur warna gelap serta bagian ekor yang belang. Cantik, tapi burung ini sering dikaitkan dengan mitos yang bikin merinding.

Burung yang juga dikenal dengan nama Daradasih, atau di Karawang lebih dikenal dengan sebutan burung Cung Cuing ini kerap disebut-sebut sebagai simbol kematian. Jadi, ketika burung ini berputar-putar atau hinggap di sebuah rumah lalu dia berkicau, maka dipastikan si empunya rumah atau orang sekitarnya akan mati selang beberapa waktu kemudian. Mitosnya seperti ini sih terlepas benar atau tidaknya. Burung ini kadang juga suka bikin kaget orang-orang dengan kicauannya yang sekilas mirip dengan ketawanya kuntilanak.

Seperti yang dilansir dari Kaskus, menurut Pakar Burung Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (Fahutan IPB) Dr Yeni Aryani Mulyani yang meneliti burung Uncuing ini menjelaskan, sejak dia kecil pun mitos itu sudah dia dengar. Memang suara burung itu kadang terdengar menakutkan.

"Suara itu salah satu bentuk komunikasi. Kalau pagi itu mengumumkan wilayah teritori dia, kemudian mencari pasangan untuk menarik betinanya. Kan salah satu daya tarik burung itu dari suara yang paling keras, umumnya seperti itu," Jelas Dia, sabtu (31/12/2016).

Burung Daradasi ini, menurut Yeni, masuk dalam kelompok burung anggota suku Kangkok atau Cuculidae, atau dalam bahasa Inggris disebut Cuckoo. Nama lain yang diberikan kepada kelompok ini adalah Wiwik atau Uncuing, atau Sirit Uncuing.

"Jenis burung ini tak banyak yang tahu bahwa secara ekologi, bisa membantu petani. Burung ini memakan serangga," jelas dia.

Uncuing ini, lanjutnya, memiliki bentuk yang indah. Tapi jarang sekali yang bisa melihatnya walau suaranya nyaring terdengar. "Burung ini pemalu, dia bersembunyi di dahan," tutupnya.(diz)#dzr-novi.

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan