GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==
Light Dark
Indonesia Soccer Championship 2016 Menggiurkan

Indonesia Soccer Championship 2016 Menggiurkan

Daftar Isi
×
JAKARTA, PEKA.- Manajer Persib Umuh Muchtar mengatakan, turnamen Indonesia Soccer Championship cukup menggiurkan dari sisi finansial pendapatan klub.
Pada turnamen yang akan mulai digelar 15 April itu, setiap klub akan mendapatkan subsidi dana sebesar Rp 5 miliar. Selain itu, untuk juara mendapatkan Rp 3 miliar, dan runner up Rp 2 miliar. Belum lagi nanti ada pembagian lainnya dari hak siar, terkait dengan klub yang memiliki rating tertinggi.
“Ini jelas ada peningkatan dana bagi klub. Pada kompetisi sebelum berhenti (LSI 2014), bantuan untuk klub Rp 2,5 miliar. Sekarang ini menggiurkan karena klub akan terbantu. Jika operator turnamen ada keuntungan, klub mendapat potensi tambahan pemasukan. Semua klub akan senang yah, dan Insya Allah turnamen akan bergulir sesuai rencana. Hadiah juga naik dari sebelumnya,” ujar Umuh, Sabtu (27/2/2016).
Nama titel turnamen juga berubah dari semula Indonesia Super Competition, menjadi Indonesia Soccer Championship. Begitu juga dengan nama operator turnamen, bukan lagi PT Liga Indonesia, tetapi sudah berubah menjadi PT Gelora Trisula Semesta (GTS). Turnamen yang akan berakhir pertengahan Desember ini dibagi dua kelompok. Yakni, ISC-A akan diikuti 18 klub LSI, dan ISC-B ada 59 klub dari Divisi Utama.
CEO PT Gelora Trisula Semesta, Joko Driyono menjelaskan, pada turnamen ISC A, ada pembatasan total nilai kontrak pemain semua klub. Batas maksimal sebesar Rp 10 miliar, sedangkan minimal Rp 5 miliar. Pembatasan nilai kontrak ini, kata Joko, untuk menstabilkan keuangan klub, sehingga ke depan tidak ada lagi soal tunggakan pembayaran gaji pemain.
Format pertandingan seminggu sekali, home and away seperti liga di Eropa
Untuk ISC-A menggunakan sistem satu wilayah dan format pertandingan seminggu sekali main, home and away seperti liga di Eropa. Jadwal pertandingan juga digelar setiap Jumat, Sabtu, Minggu, dan Senin. Kick off bertanding mulai pukul 15.30 untuk Sabtu dan Minggu, lalu ada pukul 19.00 dan 21.00. “Hal itu, agar pemain tidak dihadapkan dengan jadwal padat, sehingga kualitas permainan juga meningkat,” ujar Joko Driyono. Selama 2016 ini, PT Gelora akan menyelenggarakan enam agenda kegiatan. Selain ISC A dan B, ada Piala Presiden, turnamen U-21, Piala Soeratin U-17, dan Liga Nusantara.#PR

0Komentar