Breaking News
---

Tol Cipali Belum di Lengkap Rambu Lalu-lintas


Karawang-PEKA-.Untuk para pengemudi  yang akan lintasi Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), ada hal-hal yang mesti anda perhatikan. Di ruas jalan tol terpanjang se-Indonesia ini masih banyak kerawanan. Dan kerawanan itu bukan hanya diakibatkan oleh kondisi jalan juga kendaraan, namun juga karena masih banyaknya binatang liar yang melintas. Terbukti, ada sejumlah kecelakaan tunggal di ruas Tol Cipali yang diakibatkan oleh kehadiran binatang liar tersebut.(28/06/2015).

Kepala Unit Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) Polda Jabar, Ipda Gugun Gunadi, memaparkan, pengguna Jalan Tol Cipali hewan liar yang bisa ditemui di sepanjang ruas tol baru sepanjang 116,7 km tersebut. sebab kehadiran hewan liar yang melintas di ruas tol itu dapat memicu kecelakaan tunggal. Daerah rawan hewan liar itu membentang antara KM 83 hingga KM 142.sangat perlu memperhatikan lintasan 

“Misalnya kecelakaan yang menimpa mobil Daihatsu Gran Max di Km 128 atau di perbatasan Indramayu dan Subang, Sabtu llalu (20/6) dini hari lalu. Mobil itu terperosok setelah pengemudinya banting setir untuk menghindari babi hutan di tengah jalan.

Selain babi hutan, anjing juga kerap muncul tiba-tiba sehingga pengemudi harus melakukan manuver mendadak yang berpotensi menimbulkan kecelakaan tunggal,” ujarnya.

Contoh lainnya, tambah dia, ada pengendara yang lagi ngebut, tiba-tiba melihat anjing, dia menghindar tapi akhirnya malah kecelakaan. “Jadi ada baiknya para pengendara untuk waspada, terutama saat malam hari. Setelah hari gelap, gerombolan hewan liar kerap melintasi di Jalan Tol Cipali. Hal itu pula yang dialami pengemudi Gran Max beberapa hari lalu itu. Pengemudi mengaku, babi hutan tersebut ada lima,yang ketabrak yang paling belakang,” tambahnya.

Di salah satu rest area tol Cipali,seorang supir mengakui dirinya belum maksimal melarikan kenderaannya,selain takut melintas mendadak hewan liar juga minimnya rambu lalu -lintas di sepanjang jalan tol yang di laluinya,terang Komar pengendara asal Karawang menuju Cirebon.

Minimnya penerangan di tol Cipali bukan saja bisa memicu satu peristiwa juga bisa terjadi salah paham antar pengemudi yang jalan beruntun yang akibatnya kecelakaan fatal,jelasnya.

Sewaktu saya mau mampir rest area ini,karena belum adanya rambu -rambu cukup untuk masuk hampir saja terjadi tabrakan karena pengemudi di belakang tidak melihat (gelap,red) sen kiri yang di pasang,masih beruntung supir mobil di belakang tadi bisa kendalikan situasi,ungkap Komar.#aby.
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan