Breaking News
---

Aksi Buruh Akan Banyak Diisi Kegiatan Sosial

JAKARTA -PELITAKARAWANG.- Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar menyambut baik rencana para pekerja dan buruh yang merayakan Hari Solidaritas Buruh International atau "May Day" yang akan berlangsung, 1 Mei dengan kegiatan-kegiatan bakti sosial.


"Dari berbagai daerah di Indonesia masuk laporan bahwa para pekerja atau buruh akan melakukan perayaan May Day dengan beragam aksi sosial kemasyarakatan, baik di sekitar lingkungan perusahaan, kantor dinas tenaga kerja maupun kantor pemerintah daerah," kata Muhaimin dalam pernyataan pers Pusat Humas Kemnakertrans di Jakarta, Rabu (30/4).

Rencana kegiatan sosial itu disebut Menakertrans sejalan dengan surat edaran yang dikeluarkan sebelumnya agar perayaan May Day dapat dimanfaatkan melalui kegiatan sosial kemasyarakatan, seperti panggung rakyat, donor darah, sunatan massal, pembagian sembako dan lain-lain.

"Peringatan 'May Day' itu rutin dilakukan setiap tahun, namun paradigma harus terus digeser agar menggeser pola perjuangannya dari gerakan turun ke jalan, menjadi gerakan dialog sosial dan kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial kemasyarakatan," kata Muhaimin.

Berdasarkan hasil pemantauan dan pengumpulan data sementara dari Posko Pemantauan May Day 2014 yang dibentuk Kemnakertrans ternyata banyak kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan yang akan dilakukan oleh pekerja dan buruh di seluruh Indonesia dalam merayakan May Day.

Di wilayah Jabodetabek, para buruh akan menyelenggarakan panggung hiburan rakyat di Ancol dan Senayan, bakti sosial dan donor darah di Cipinang Jakarta Timur, penghijauan 100 pohon mangga di BKT Duren Sawit Jakarta Timur, sarapan pagi bersama pekerja di Carrefour MT Haryono Jakarta Selatan, donor darah dan sunatan masal di Kota Bekasi serta penanaman pohon mangrove di Muara Gembong Bekasi.

Di daerah Karawang dan Purwakarta Jawa Barat, para pekerja dan buruh direncakanan menggelar jalan pagi sehat. Sedangkan di sekitar kantor Gubernur Banten akan digelar bakti sosial berupa donor darah dan khitanan massal.

Di Semarang, Jawa Tengah dan Surabaya, Jawa Timur, perayaan May Day akan disemarakkan dengan istiqatsah bersama, pasar rakyat, pembagian sembako bagi pekerja dan pemberian penghargaan May Day.

Di Makasar, Sulawesi Selatan, dilaporkan para pekerja akan menggelar jalan santai besar-besaran yang melibatkan para pekerja dan keluarganya.

Aksi jalan santai serupa pun akan dilakukan di Samarinda, Kalimantan Timur sedangkan di pusat kota Banjarmasin Kalimantan Selatan perayaan May Day akan diisi dengan jalan santai dan pembagian doorprize, donor darah dan dialog terbuka antara pekerja dan pengusaha.

"Kita manfaatkan perayaan May Day untuk menjalin komunikasi yang baik antara pekerja, pengusaha dan pemerintah agar tercipta hubungan industrial yang harmonis sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya serta meningkatkan produktivitas kerja," kata Muhaimin. #ROL.

@Redaksi 2014 Email : pelitakarawang@gmail.com
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan