Breaking News
---

Segudang Kepala Sekolah Karbitan, Setumpuk Guru Arogan di Karawang

Karawang-.PELITAKARAWANG.COM-.Potret dari carut-marutnya dunia pendidikan bukan hanya saja telah di obok-obok oleh politik praktis dan persoalan kesejahteraan tapi yang sangat fenomena adalah menyangkut masih bermasalahnya Sumber daya Manusianya (SDM),29/11/2013.
ilustrasi :lomba rapak sekar HUT PGRI ke 68

Salah satu Kepala UPTD Disdikpora PAUD-SD Kecamatan di Karawang menyebutkan saat ini sudah menjadi  rahasia umum bahwa guru-guru di Karawang lebih pintar dari pada kepala sekolahnya. Hal ini di tenggari mandegnya tupoksi kepala sekolah dan pelaksanaan PBM & KBM tidak berjalan normal secara umum utama terlihat pada pelaksanaan HUT HGN & PGRI ke 68 banyak peserta didik terlantar karena tidak masuk sekolah dengan alasan tak jelas.


Selain itu,penyabab rahasia umum tadi, ini merupakan akibat  dari rekutmen kepala sekolah (kasek) masal  yang sembarangan dan kamusplase.untuk itu,para kasek seharusnya mawas diri dan banyak belajar, jangan merasa jadi penguasaha di satu sekolah padahal dirinya sangat bodoh dan tidak mampu menjalankan menejmen dilingkungannya.

Masih menurut dia, sebenarnya banyak kesempatan untuk para kasek belajar dengan mengikuti serius berbagai macam kegiatan di antaranya KKG /K3S bermutu atau program -program yang ada, namun sayang sifat malas dan merasa gengsi terlalu kuat melekat di kasek karbitan dan jumlah mereka "segudang" di Karawang.

Memang tidak semua "kasek" berkarakter demikian,tapi hasil analisa  dan fakta lapangan seperti itu lebih banyak kasek kalah pinter oleh para guru yang merupakan anak buahnya,tandas dia.

Ia mencontohkan,tidak sedikit para kasek mengandalkan atau hanya bisa perintah ke para guru sebagai bawahanya untuk membuat SPJ BOS,atau mengerjakan yang berkiatan admitrasi dan data-data  On line karena mereka tidak mampu mengerjakannya.

Penilain kerja guru (PKG) sebagaimana yang di rencanakan  dengan on line sebenarnya sangat di ragukan kejujuranya dan akan seuai program karena realitas Kasek tadi,mereka rata -rata hasil karbitan dan dipaksakan menjadi kasek..

Disisi lain dan sangat di sayangkansekali,setelah  guru-guru lebih pintar dari kaseknya ada dugaan kuat,banyak para guru melakukan pembakangan ke kepala sekolah masing-masing, hal itu di tandai dengan sikap arogan guru tertentu yang di tunjukan oleh guru yang merasa dirinya pintar atau punya kelebihan dibanding kaseknya."Sulitnya guru membuat RPP atau kurangnya tingkat kehadiaran guru di sekolah adalah fakta nyata,ucap narasumber.

Ini merupakan satu fenomena mengkhawatirkan yang perlu segera di perhatikan oleh dinas terkait di kecamatan dan melakukan evaluasi kasus ini, kedepan pemerintah daerah dan Disdikpora kabupaten termasuk DPRD wajib peninjauan ulang ke Perda terkait pengangkat kepala sekolah  di Karawang utama sebisa mungkin hindari kepala sekolah titipan untuk menghindari Kepala sekolah karbitan,saat ini saja masih banyak daftar tunggu kasek yang mengantri untuk menunggu giliran menjabat,tukas sang kepala UPTD Disdikpora Kecamatan yang sebentar lagi memasuki masa pensiun.(GH).@Redaksi 2013 E Mail : pelitakarawang@gmail.com - redaksipelitakarawang1@gmail.com
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan