Breaking News
---

Menhut Buka Festival Sarongge di Kaki Gunung Gede

CIANJUR -PELITAKARAWANG.COM - Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan membuka acara pesta rakyat ‘Festival Sarongge’ di Kampung Sarongge, Desa Ciputri, Kecamatan Cianjur, Sabtu (29/6). Kawasan tersebut berada di daerah perbatasan dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). 


"Kegiatan ini menjadi ajang promosi wisata alam Kampung Sarongge," terang Zulkifli Hasan, kepada wartawan. Dalam acara ini digelar sejumlah kegiatan seperti seni budaya, pameran hasil pertanian dan kuliner, adopsi pohon, wayang golek, dan camping ground

Menurut Zulkifli, pengembangan wisata alam saat ini digemari para wisatawan baik dari Jakarta maupun kota besar lainnya. Hal ini dikarenakan kawasan Sarongge masih asri dan indah serta sejuk udaranya. Terlebih, jarak tempuh dari Jakarta ke Sarongge cukup dekat. 

Zulkifli mengatakan, awalnya sebagian warga Sarongge menggarap lahan pertanian berupa sayuran di areal konservasi TNGGP. Namun, dengan melalui sejumlah pendekatan seperti adopsi pohon, maka lambat laun jumlah warga yang menggarap lahan di lahan konservasi berkurang. Para petani tersebut, kata Zulkifli kini diarahkan untuk beralih mencari penghasilan yang lebih baik seperti pengelola desa wisata ‘Sarongge’. 

"Pengembangan wisata alam sangat menguntungkan warga," terang dia. Meskipun diakuinya tahapan peralihan ini baru langkah awal sehingga memerlukan proses. 


Ke depan, ujar Zulkifli, wisata alam ini diharapkan menjadi salah satu alternatif penghasilan utama warga setempat. Di antaranya dengan membuka homestay atau tempat penginapan bagi para pengunjung.  @ROL.

www.pelitakarawang.com
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan