Breaking News
---

Ketua MK Diperebutkan

JAKARTA -PELITAKARAWANG.COM - Mahfud MD resmi pensiun sebagai ketua hakim konstitusi per 31 Maret 2013. Posisi ketua Mahkamah Konstitusi (MK) yang ditinggalkan Mahfud, rencananya dihelat pada Rabu (3/4).
 Juru Bicara MK Akil Mochtar mengatakan, untuk menghormati Mahfud, digelar pisah sambut di gedung MK, Senin (1/4). Di hari itu pula, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melantik Arief Hidayat sebagai hakim konstitusi di Istana Negara.
“Pemilihan ketua MK akan diikuti sembilan hakim konstitusi karena Pak Arief sudah dilantik Presiden,” kata Akil, Ahad (31/3).
 
Ia enggan membocorkan, siapa kandidat terkuat pengganti Mahfud. Meski begitu, ia menjelaskan, sembilan orang itu memiliki hak dipilih dan memilih. Karena itu, tidak ada kandidat yang menonjol siapa yang dijagokan memimpin MK.

Ditanya peluangnya, Akil menjawab diplomatis. “Semua hakim berpeluang sama,” ujarnya.
 
Ia menjelaskan, mekanisme pemilihan terlebih dulu dilakukan secara aklamasi. Kalau tidak mampu mencapai musyawarah mufakat, prosesnya dilanjutkan dengan pemilihan secara terbuka. “Kalau pemilihan dilakukan secara voting, setiap hakim bisa menjatuhkan pilihan, dan pelaksanaannya bisa diliput media.”
 
Sementara itu, Mahfud menjamin, sepeninggal dirinya, MK bakal tetap berdiri tegak sebagai pengawal konstitusi. Ia percaya, siapa pun yang memimpin MK merupakan orang yang tepat.

Selain sistem pengawasan kinerja sudah terbangun, integritas hakim konstitusi, baik yang lama maupun baru dinilainya tidak perlu diragukan lagi. “Sehingga kalau orang yang optimis atau pesimis misalnya, saya malah optimis akan bagus,” katanya usai memimpin sidang terakhir di MK pekan lalu. @rol.

www.pelitakarawang.com
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan