Breaking News
---

Seminar Internasional Tentang Keaksaraan

Jakarta -PELITAKARAWANG.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan menggelar Seminar Internasional Meningkatkan Keaksaraan Berbasis Bahasa Ibu dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dari tanggal 31 Oktober hingga 3 November 2012 di Jakarta. Seminar tersebut akan diselenggarakan di Hotel Atlet Century, Jalan Pintu Satu Senayan Jakarta. Peserta seminar terdiri dari negara-negara E-9 yaitu Indonesia, Bangladesh, Brazil, China, Mesir, India, Mexico, Nigeria, dan Pakistan, serta negara-negara ASEAN+ yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Lao PDR, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Timor Leste.
Tema yang diangkat pada seminar empat hari ini yaitu "Meningkatkan Keaksaraan Digital yang Inklusif dan Berkesetaraan untuk Semua". Tujuan penyelenggaraan seminar ini antara lain dalam rangka meningkatkan keaksaraan orang dewasa dan digital untuk semua, dan meningkatkan keaksaraan inklusif berbasis bahasa ibu. Selain itu juga bertujuan berbagi praktik dan pengalaman terbaik antarnegara peserta tentang pembelajaran berbasis bahasa ibu dan TIK, mengembangkan jejaring dan kemitraan antarnegara dalam meningkatkan budaya baca, dan menformulasikan rencana aksi dan komitmen negara peserta dalam meningkatkan budaya baca berbasis bahasa ibu dan TIK.
Narasumber-narasumber yang akan berbicara pada seminar keaksaraan tersebut antara lain Dirjen PAUDNI Kemdikbud Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psikolog, Direktur Pembinaan Pendidikan Masyarakat Kemdikbud Dr. Ella Yulaelawati Rumindasari, M.A., Ph.D., Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd., serta sejumlah pembicara dari UNESCO. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim direncanakan membuka seminar keaksaraan ini.
Selain itu Kemdikbud juga akan menggelar Festival Taman Bacaan Masyarakat sebagai bagian dari seminar tersebut. Festival Taman Bacaan Masyarakat diselenggarakan di Gedung A Kemdikbud, dari tanggal 1 hingga 3 November 2012, dengan mengangkat tema "Indonesia Membaca: Meretas Literasi, Menyemai Karakter". (NW). www.pelitakarawang.com
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan