Breaking News
---

Kemdikbud Terus Upayakan Peningkatan Tata Kelola Perguruan Tinggi

PELITAKARAWANG.COM  -.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) terus berupaya meningkatkan tata kelola perguruan tinggi. Direktur Kelembagaan dan Kerja Sama Ditjen Dikti, Achmad Jazidie mengungkapkan bahwa tata kelola perguruan tinggi sangat penting demi ketertiban dan keteraturan perguruan tinggi. 

Hal tersebut disampaikan Achmad Jazidie dalam Workshop Pemberdayaan Kelembagaan dan Peningkatan Tata Kelola Perguruan Tinggi Regional II di Yogyakarta beberapa hari yang lalu. "Tata kelola perguruan tinggi harus ditingkatkan." ujarnya.
Achmad Jazidie menambahkan bahwa rencana strategis (renstra) dan Statuta perguruan tinggi harus dalam bentuk dokumen tertulis sehingga dapat memenuhi prinsip transparansi. Budaya dokumen tertulis (written document) dari setiap aktivitas, SOP dan tata kelola perguruan tinggi sangat penting dalam perkembangan dan kemajuan perguruan tinggi kedepannya.
Workshop yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas perguruan tinggi dalam perencanaan dan pengembangan serta pengelolaan perguruan tinggi ini dihadiri oleh 130 peserta dari 48 perguruan tinggi swasta yang berada di bawah binaan Kopertis Wilayah V dan VI. Peserta berasal baik dari unsur pimpinan perguruan tinggi maupun pimpinan yayasan.
Workshop ini dibuka secara resmi oleh Koordinator Kopertis Wilayah V Bambang Supriyadi. Dalam sambutannya, Bambang menyatakan bahwa workshop ini merupakan kesempatan yang bagus bagi perguruan tinggi untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas Rencana Strategis (Renstra) dan Statuta masing-masing perguruan tinggi. "Mudah-mudahan ke depan, tidak ada masalah statuta dan tata kelola terkait PTS yang berasal dari wilayah Jogja dan Jawa Tengah,” pungkas Bambang.
Peserta workshop tampak sangat antusias dalam mengikuti setiap materi yang disampaikan para narasumber. "Dari tidak tahu, menjadi tahu," ujar Anwar Hamdani, salah satu peserta yang berasal dari salah satu PTS di Yogyakarta. Anwar menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini membantu pemahaman peserta terhadap tata kelola perguruan tinggi, terutama terkait masalah statuta dan Renstra perguruan tinggi. Anwar berharap, ada tindak lanjut dari workshop ini berupa pelatihan yang bersifat lebih teknis. 


www.pelitakarawang.com
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan