Breaking News
---

Menag: MTQ Dakwah Bernilai Tinggi

PELITAKARAWANG.COM-.Menteri Agama Suryadharma Ali berharap Musabaqah Tilawatil Qur’an di tanah air yang sudah berjalan puluhan tahun senantiasa makin meningkat tidak hanya kuantitas juga kualitasnya. Selain itu musabaqah ini harus didasari semangat sportivitas, bukan sekedar meraih juara.
Ilustrasi :kegiatan MTQ di Kab.Karawang
MTQ ini bukan sekedar piala tapi dakwah bernilai tinggi, karena itu jaga semangat sportivitas,” kata Menteri Agama pada sambutan pembukaan MTQ ke 33 tingkat Provinsi Sumatera Utara, di PTPN II Kebun Melati, Kel. Melati, Kec. Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sabtu (28/4) malam.
Menag mengatakan, dalam dua bulan ini sedang marak penyelenggaran MTQ di berbagai provinsi. Semarak MTQ bagi masyarakat Islam tentunya sangat berkesan, terutama bagi para qari-qari’ah dan peserta cabang lain yang di musabaqahkan dalam MTQ ini.
Di Indonesia, MTQ merupakan tugas nasional, dimana pelaksanaanya rutin dilaksanakan sejak dari tingkat kelurahan sampai ke tingkat nasional. Untuk tingkat nasional tahun 2012 ini adalah merupakan MTQyang ke 24, yang akan dilaksanakan di Ambon pada Juni mendatang.
Menag mengatakan, MTQ seyogyanya juga mampu menjawab persoalan terutama pembinaan moral dan akhlak bangsa. “Mari kita jadikan Al Qur’an solusi dari berbagai persoalan. Karena Al Qur’an merupakan sumber inspirasi untuk mengatasi berbagai persoalan termasuk persoalan bangsa.
Semangat Al Qur’an, menurut Menag juga menjadi inspirasi dalam membangun nilai-nilai kerukunan, toleransi, keharmonisan yang dibutuhkan bangsa ini. “Dalam Al Qur’an disebutkan bahwa perbedaan adalah rahmat, perilaku Nabi Muhammad telah memperlihatkan hal itu, sebagai nabi sekaligus kepala negara melayani masyarakat yang heterogen dengan santun,” tutur Menag.
Ketua Panitia Drs. H. Haris Fadillah melaporkan, MTQ Sumut ke 33 yang berlangsung hinga 5 Mei diikuti 840 peserta dan 317 official dari 33 kabupaten/kota. Pembukaan dilakukan oleh Menko Kesra Agung Laksono dihadiri Menag Suryadharma Ali, para duta besar, Ketua Fraksi PPP DPR RI Hasrul Azwar, Plt Gubernur Sumut Gatot Pudjo Nugroho, Bupati Serdang Bedagai Erry Nuradi, Dirjen Bimas Islam Abdul Djamil serta ribuan masyarakat.
Kegiatan dilaksanakan di tujuh lokasi, yaitu Mimbar Tilawah, Istana Replika aula dan ruang belajar SMKN 1 Pegajahan, Wisma Juang Perbaungan, Masjid Sulaimaniyah Perbaungan, dan Masjid Al-Mu’awarah PTPNIV Kebun Adolina. Panitia juga menyelenggarakan Expo Serdang Bedagai 2012 membuka 170 stand diisi produk berbagai daerah, termasuk dari luar Sumut, di antaranya dari Kalimantan Selatan, Lombok dan Sumbar. (ks).


www.pelitakarawang.com
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan