Breaking News
---

Meningkatkan Produksi Padi Melalui SL-PTT

PELITAKARAWANG.COM-.Pemerintah Provinsi Jawa Barat berhasil mendorong peningkatan produksi padi melalui penyelenggaraan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT). 

Salah satu bukti nyata dari upaya ini,terlihat pada hasil produksi padi di Kampung Cibisoro,Desa Bojongsari, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Beberapa waktu lalu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan didampingi Bupati Bandung Dadang M Naser melakukan panen raya padi di kampung tersebut bersama ratusan petani yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) Baru Jaya dan Poktan Nurani Sejahtera. Panen padi yang ditanam di atas lahan seluas 272,5 hektare merupakan hasil binaan sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu SL-PTT tersebut.

Atas hasil produksi pangan yang cukup baik itu,Heryawan menyampaikan apresiasi atas prestasi petani dalam mendongkrak produksinya. Menurut dia,hasil 11,7 ton per hektar dapat terus ditingkatkan hingga 14 ton per hektar. Hasil tersebut dapat diraih dengan cara kerja keras, disiplin dalam menerapkan cara tanam yang benar, penggunaan pupuk berimbang. “Pemerintah Provinsi pun akan terus membantu, di antaranya melalui penyediaan bantuan traktor untuk setiap kelompok tani, benih unggul dan pupuk,”ucap Heryawan. Perhatian itu menurutnya wajar karena Pemprov Jabar memandang petani merupakan pahlawan kehidupan.

Maka pihaknya pun melalui program yang telah direncanakan, telah memberikan perhatian demi perbaikan nasib petani. “Tanpa petani, tidak ada bahan pangan yang merupakan kebutuhan pokok,” Heryawan. Sementara itu,menurut KetuaGabunganPoktanHarapan Jaya, Wawan Hermawan, kegiatan bersama itu dapat dilaksanakan berkat Bantuan Sosial dari Gubernur Jawa Barat.Untuk itu atas nama petani, dirinya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemprov Jabar.

Dalam laporannya,Wawan menyatakan berkat binaan SL-PTT, panen padi di kawasan ini yang semula rata-rata hanya 9,6 ton per hektar. Kini melonjak secara signifikan menjadi 11,7 ton per hektar. Dia pun berharap agar kegiatan binaan ini dapat terus berlangsung melakukan pendampingan kepada petani. “Dengan metoda yang diterapkan SL-PTT, petani sangat merasakan dampak meningkatnya hasil panen padi.
Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Gubernur, semoga ke depan hasil panen terus baik bahkan meningkat,” tutur Wawan.(sindo).


www.pelitakarawang.com
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan