Breaking News
---

Wisatawan Diimbau Tidak Berenang di Pantai

CILACAP--PELITAKARAWANG.COM: Stasiun Meteorologi Cilacap mengimbau wisatawan untuk tidak berenang di pantai selatan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta karena gelombang setinggi dua meter berpeluang terjadi pada 2-3 September 2011.

"Tinggi gelombang maksimum di wilayah pantai selatan Jateng-DIY pada 1 September masih relatif kondusif karena hanya berkisar antara 0,75-1,5 meter, namun pada 2-3 September diprakirakan meningkat menjadi 0,75-2 meter," kata prakirawan cuaca Stasiun Meteorologi Cilacap Teguh Wardoyo, di Cilacap, Rabu (31/8).

Oleh karena itu, kata dia, masyarakat yang memanfaatkan libur Lebaran dengan berwisata di pantai diimbau untuk tidak berenang terutama di wilayah pantai yang terhubung langsung dengan lepas.

Menurut dia, hal ini sebagai antisipasi terhadap kemungkinan adanya gelombang tinggi yang datang sewaktu-waktu.

Lebih lanjut mengenai prakiraan tinggi gelombang, dia mengatakan, tinggi gelombang maksimum di wilayah pantai selatan Jateng-DIY pada hari Kamis (1/9) diprakirakan mencapai 0,75-1,5 meter dengan tinggi gelombang signifikan 0,5-0,75 meter dan kecepatan angin 10-30 kilometer per jam yang bertiup dari arah timur.

Sedangkan tinggi gelombang maksimum di wilayah Samudera Hindia selatan Jateng-DIY, lanjutnya, diprakirakan berkisar 1,5-2 meter dengan tinggi gelombang signifikan 0,75-1,25 meter dan kecepatan angin 15-40 km/jam yang bertiup dari arah timur.

Ia mengatakan, tinggi gelombang maksimum di wilayah pantai selatan Jateng-DIY pada hari Jumat (2/9) diprakirakan 0,75-2 meter dengan tinggi gelombang signifikan 0,5-0,75 meter dan kecepatan angin 10-30 km/jam yang bertiup dari arah timur.

"Tinggi gelombang maksimum di wilayah Samudera Hindia selatan Jateng-DIY pada hari Jumat (2/9) diprakirakan mencapai 2-2,5 meter dengan tinggi gelombang signifikan 0,75-1,25 meter dan kecepatan angin 15-40 km/jam yang bertiup dari arah timur. Tinggi gelombang 2,5 meter cukup berbahaya bagi perahu nelayan berukuran kecil," katanya.

Meskipun tinggi gelombang di wilayah pantai selatan Jateng-DIY pada hari Sabtu (3/9) diprakirakan relatif sama dengan kondisi hari Jumat (2/9), kata dia, angin yang bertiup di atas Samudera Hindia selatan Jateng-DIY diprakirakan mengalami peningkatan karena dapat mencapai 15-40 km/jam.

"Secara umum, kondisi cuaca di atas wilayah perairan selatan Jateng-DIY diprakirakan cerah hingga berawan. Kondisi cuaca tersebut diprakirakan juga berlaku di atas wilayah Jateng-DIY pada 1-3 September 2011," katanya.(Ant/MICOM).

(www.pelitakarawang.com)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan