Breaking News
---

Pancasila Sering Disalahartikan



Pancasila Sering Disalahartikan 
Ilustrasi--
 
JAKARTA--(PELITAKARAWANG.COM) :  "Revitalisasi nilai-nilai Pancasila guna memantapkan persatuan dan kesatuan melalui forum dialog antarkomponen bangsa dalam rangka ketahanan nasional" menjadi tema diskusi panel yang digelar Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) di Jakarta, Selasa (31/5).

Kegiatan itu sebagai salah satu bentuk tanggung jawab dan kepedulian Lemhanas atas keresahan publik akibat terjadinya pergeseran pemahaman dan implementasi nilai luhur Pancasila, sekaligus memperingati hari kelahiran Pancasila pada 1 Juni 2011.

Fokus diskusi itu adalah pengembangan metode dialogis antara komponen bangsa, untuk menemukan pola pemantapan yang sesuai dengan nilai luhur Pancasila, yang berakar pada budaya dari berbagai suku bangsa dihadapkan pada tantangan bangsa yang semakin kompleks.

Sebagai pembicara adalah Ketua Pusat Studi Islam dan Kenegaraan Indonesia Dr Yudi Latif dan Tenaga Profesional Bidang Kesejarahan Lemhanas Dr Anhar Gonggong. "Kita sudah punya fundamen yang luar biasa yaitu Pancasila. Akar kesejarahan yang jauh mengakar ke dalam dan punya tujuan yang jauh menjulang ke langit. Maka dari itu Pancasila menjadi hal yang luar biasa sebagai pewaris sejarah bangsa. Kekayaan dalam nilai-nilai Pancasila sangat luar biasa kalau kita punya subjektivitas untuk menggali dan mengamalkannya," ujar Yudi Latief.

Menurut Anhar Gonggong, kegagalan dalam Pancasila terletak pada orang yang menafsirkannya. Anhar mengatakan setiap kali pemerintah mau melakukan sesuatu yang berhubungan dengan kebijakan, harusnya dasarnya adalah Pancasila.

"Pancasiaiskah keinginan DPR membangun gedung seharga 1,3 triliun ditengah-tengah masih ada sekian juta masyarakat di satu kecamatan di Jawa Tengah yang penduduknya seluruhnya idiot? Pertanyaannya lebih penting mana gedung yang diduduki DPR yang gak jelas kerjanya apa, dibanding tujuan bernegara PAncasila yaitu menciptakan kehidupan yang sejahtera secara ekonomi dan religius," ujar Anshar Gonggong
 
Sumber : Media Indonesia.com
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan