Breaking News
---

PEMBUKAAN DIKLATPIM TINGKAT IV DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN KARAWANG

Image
Dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur pemerintah disemua tingkatan jajaran pemerintah Kabupaten Karawang, maka dari itu harus dilakukan pembinaan kajian sikap dan perilaku, kajian manajemen publik dan kajian aktualisasi terhadap penyelenggaraan roda pemerintahan, pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan. Demikian dikatakan Wakil Bupati Karawang dr. Cellica Nurachadiana dalam sambutannya pada saat pembukaan Diklatpim Tingkat IV bagi aparat Eselon IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang bertempat di Aula Kantor Diklat Kabupaten Karawang, Selasa (29/3).
 
Cellica juga mengatakan, hasil dari diklat ini diharapkan dapat membentuk figur aparatur pemerintah yang cerdas, terampil, jujur dan bersih serta sadar akan tanggungjawab sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Bahwa PNS sebagai unsur Sumber Daya Manusia (SDM) bagi aparatur negara, mempunyai peranan yang menentukan keberhasilan pembangunan di segala bidang, ”imbuhnya.

Untuk membentuk sosok aparatur negara, perlu dilaksanakan pembinaan, salah satunya melalui jalur Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) yang mengarah pada upaya peningkatan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara ; peningkatan kompetensi teknis kepemimpinan serta peningkatan efisiensi, sefektif dan kualitas pelaksanaan tugas.

Selain itu Cellica juga menambahkan, pemerintahan yang baik adalah pemerintahan yang responsif terhadap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat serta selalu berupaya melakukan tindakan preventif terhadap pencegahan kemungkinan munculnya berbagai permasalahan yang timbul, sedangkan pemerintahan yang bersih adalah pemerintah yang jujur dan selalu menghindari praktek-praktek korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) serta bertindak obyektif, netral dan tidak diskriminatif, ”tambahnya.

Sementara itu, Kepala Badan Diklat Propinsi Jawa Barat, Dr. H. Dadang Dally dalam sambutan tertulisnya mengatakan, di era globalisasi dan di era otonomi daerah saat ini serta di era reformasi birokrasi dan di era teknologi informasi saat ini juga di era persaingan yang begitu ketat saat ini, peningkatan kemampuan kemampuan Sumber Daya Manusia khususnya SDM aparatur sudah tidak bisa ditawar dan ditunda-tunda lagi, ”imbuhnya.

Peningkatan kemampuan ini dapat berupa kemampuan kognitif, kemampuan afektif dan kemampuan psikomotorik. Ketiga kemampuan ini dapat diperoleh melalui media pendidikan formal, media pendidikan informal maupun media pendidikan kedinasan yang dapat meningkatkan kemampuan atau kompetensi.

Kemudian dalam sambutannya berpesan, terpilihnya saudara mengikuti pendidikan dan pelatihan, berarti saudara diberikan kesempatan dan kepercayaan oleh pimpinan untuk meningkatkan kemampuan dan potensi diri, sehingga manfaatkanlah kesempatan yang berharga ini, ”pesannya.

Dalam Laporannya Ketua Panitia Poltak Lombantoruan,S.STP menyampaikan bahwa peserta Diklat Kepempimpinan Tingkat IV Tahun 2011  ini sebanyak 40 orang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Karawang, yang seluruhnya sudah menduduki Jabatan Struktural Eselon IV. Dan penyelenggaraanya dari tanggal 29 Maret sampai 9 Mei 2011. Yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas jabatan struktural Eselon IV secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika PNS sesuai dengan kebutuhan, menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas dan membangun demi terwujudnya pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa.
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan