Breaking News
---

Kita perlu ketahui Penyerapan Anggaran untuk Kantor Urusan Agama (KUA)




Jakarta PKOL. - Sekjen Kemenag Bahrul Hayat mengatakan, ada beberapa program unggulan yang akan diterapkan pada 2011 dan pada 2010 sudah mengalami perbaikan, seperti penyelenggaraan ibadah haji, program beasiswa dan sertifikasi para guru. Kedepan akan ditingkatkan lagi dengan lima program unggulan, termasuk di dalamnya pelayanan nikah gratis di sejumlah kantor urusan agama (KUA).

Tentang penyerapan anggaran yang belum menggembirakan, Bahrul Hayat mengatakan, ada kendala di lapangan, yaitu tingginya tingkat kehati-hatian para pelaksana tender.
Untuk itu, ke depan, ia sudah menyiapkan tenaga pendampingan agar pelaksana tender tak ragu dalam mengambil keputusan. "Ada penghematan 106 miliar pelaksaan tender 2010," ujarnya.

Bahrul Hayat juga mengatakan, Kemenag berencana membebaskan uang pangkal bagi orang tua yang anaknya masuk sejumlah madrasah. Hal ini baru tahap pemikiran, karena pihak kementerian sedang mengkaji dampak buruk yang kemungkinan muncul. "Seperti terjadinya minat masuk madrasah di satu daerah jika ada pembebasan uang pangkal," ujarnya.
Di sisi lain, Bahrul Hayat juga mengaku masih ada hal yang terasa mendesak untuk diperbaiki dalam pelaksanaan kerukunan umat beragama di Tanah Air. Khususnya menyangkut pemberian izin mendirikan rumah ibadah. Sebab, tak jarang perselisihan dipicu oleh pemberian izin mendirikan bangunan rumah ibadah. "Hal ini berpengaruh kepada kualitas kerukunan beragama di tanah air," ujarnya.

Di bidang perhajian, tutur dia, ke depan yang juga harus diperbaiki adalah belum adanya peraturan pemerintah tentang pengelolaan dana abadi umat (DAU). "Sudah setahun pengelolaan dana tersebut peraturannya belum turun. DAU diperuntukkan bagi pingkatan kualitas pelaksanaan ibadah umat Islam, seperti rumah ibadah dan sosaial ekonomi," ucapnya. 

sumber  : suarakarya
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan