Breaking News
---

TEMPURAN PERWAKILAN KARAWANG UNTUK JABAR

PELITA ON LINE-.
Kecamatan Tempuran ditunjuk sebagai wakil terbaik Kabupaten Karawang untuk berlaga dalam Lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Terkait penunjukkan tersebut,rombongan tim penilai lomba dari Provinsi Jawa Barat melakukan kunjungan kerja untuk menilai sekaligus melihat secara langsung kondisi Kecamatan Tempuran.Kedatangan rombongan yang dipimpin oleh Kabiro Otonomi Daerah Provinsi Jawa Barat,Daud Ahmad tersebut diterima secara langsung oleh Wakil Bupati Karawang, Eli Amalia Priatna dan Camat Tempuran, Asip Suhendar, Senin (24/5).

Daud Ahmad dalam kesempatan tersebut mengatakan, aspek yang dinilai dalam perlombaan tersebut adalah lebih kepada sisi bagaimana seorang camat mampu menggerakkan seluruh potensi yang ada di wilayahnya untuk mensejahterakan masyarakat.“Khususnya adalah bagaimana sinergitas program-program yang ada untuk dapat meningkatkan indikator indeks pembangunan manusia atau IPM,” ujarnya.

Lebih lanjut Daud mengatakan,IPM dimanfaatkan pada lomba kecamatan ini karena dalam IPM terdapat indikator komposit yang dapat mengukur bentuk kesejahteraan masyarakat di suatu wilayah, dimana di dalam IPM terdapat 3 indikator utama, yaitu pendidikan, kesehatan dan ekonomi kerakyatan. “Ini merupakatan penjabaran dari tugas kita sebagai aparatur pemerintah, yaitu bagaimanan menggerakkan semua potensi yang sehingga masyarakat bisa berpendidikan, memiliki derajat kesehatan yang baik, serta mampu menghidupi secara ekonomi seluruh anggota keluarganya,” jelasnya.

Menurut Daud seterusnya, dalam perlombaan ini yang dikejar bukanlah hasil juara semata, melainkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat berharap lomba ini dapat dijadikan sarana untuk memotivasi masing-masing daerah menciptakan program yang sinergis sehingga dapat mengakselerasi proses peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Kegiatan ini memiliki arti lebih, dari sekedar upaya untuk menjadi juara dan mendapatkan hadiah saja,” imbuhnya.

Daud menambahkan pula,peningkatan IPM di tingkat kecamatan akan memberikan kontribusi pula terhadap peningkatan IPM di kabupaten/kota tempat kecamatan tersebut berada. Demikian pula halnya IPM kabupaten/kota memiliki dampak terhadap capaian IPM di tingkat provinsi. “Oleh karena itu, melalui perlombaan ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat berharap dapat semakin memotivasi para Camat untuk lebih meningkatkan sinergitas kinerja guna mencapai kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Wakil Bupati Karawang, Eli Amalia Priatna dalam kesempatan tersebut berharap, Kecamatan Tempuran dapat mengikuti jejak dari Kecamatan Cilamaya Kulon yang berhasil menjadi juara pertama dalam perlombaan yang sama dua tahun silam. “Saya sendiri sangat optimis Kecamatan Tempuran dapat menjadi juara, terlebih Kecamatan Tempuran saat ini dipimpin oleh mantan Sekretaris Kecamatan Cilamaya Kulon yang dulu berhasil meraih juara pertama,” ujarnya.

Di sisi lain Camat Tempuran, Asip Suhendar menjelaskan, bahwa dalam perlombaan ini, pihaknya mengusung keberhasilan pembangunan Kecamatan Tempuran yang difokuskan pada tiga sektor prioritas, yaitu pendidikan kesehatan, dan ekonomi kerakyatan. “Keberhasilan-keberhasilan yang telah dicapai antara lain ditunjukkan dengan keberhasilan penuntasan buta aksara, pembangunan sarana kesehatan yang juga menjadi rujukan bagi penduduk diluar Kecamatan Tempuran, serta potensi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat tempuran,” jelasnya.

Sementara itu, selain mengikuti penjelasan singkat kondisi Kecamatan Tempuran dari Camat, rombongan tim penilai Provinsi Jawa Barat pun turut mengunjungi lokasi-lokasi pameran pembangunan di Kecamatan Tempuran, Posyandu, Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) masyarakat, serta meninjau langsung lokasi TPI Ciparage. Di masing-masing lokasi tersebut, anggota tim melakukan wawancara secara langsung kepada warga sekitar lokasi untuk mengetahui lebih jelas program-program yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Tempuran./HUMAS PEMDAKAB KRW./Red.
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan