GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==
Light Dark
SEKDA KABUPATEN KARAWANG MEMBUKA....

SEKDA KABUPATEN KARAWANG MEMBUKA....

Daftar Isi
×
PELITA KARAWANG ON LINE-.
Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja para penyedia barang dan jasa diseluruh wilayah kabupaten karawang,dengan bertujuan untuk memperbaiki transparansi dan akuntabilitas,meningkatkan akses pasar dan persaingan usaha yang sehat,Memperbaiki tingkat efisiensi proses pengadaan, mendukung proses monitoring dan audit serta memenuhi kebutuhan akses informasi yang real time.

Dengan dilaksanakan sosialisasi ini karena daya kritis masyarakat semakin tinggi dan pengaruh dari desentralisasi,tuntutan kepada pemerintah umtuk menerapkan Good Governance, pemberian pelayanan publik yang baik oleh pemerintah yang efisien , efektif , non diskriminatif serta memiliki akuntabilitas tinggi yang mana penyedia jasa dapat berkompetisi dalam pengadaan barang dan jasa,demikin di katakan Bupati dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Ir. H. Iman Sumantri saat membuka Sosialisasi Aplikasi Pengadaan Barang dan Jasa secara Elektronik di Gedung Singaperbangsa Lt. III, Selasa (18/5).

selanjutnya,Sekda Iman Soemantri dalam kesempatan tersebut mengatakan, fungsi dari layanan prngadaan barang dan jasa pemerintah secara elektronik (LPSE) untuk mengelola sistem pengadaan secara elektronik (SPSE) menyediakan pelatihan kepada PPK. Lebih lanjut Sekda mengatakan, Pemerintah Pusat memberikan jaminan pelayanan sarana akses internet bari PPK dan penyedia barang dan jasa, menyediakan bantuan teknis untuk mengoperasikan SPSE kepada PPK serta untuk melakukan pendaftaran dan verifikasi terhadap PPK penyedia barang dan jasa tertentu.

Dengan demikian,lanjut sekda, masyarakat saat ini membutuhkan kualifikasi aparat yang handal , profesional, memiliki etos kerja yang tinggi, dan mampi menyusun laporan pertanggung jawaban yang akuntabel serta mampu meningkatkan tertib administrasi .Oleh karena itu, beberapa hal tersebut diatas merupakan langkah konkrit dari Perintah Daerah , dalam upaya meningkatkan efektifitas dan efisiensi program pembangunan agar tepat waktu , tepat sasaran dan memberi manfaat sebesar besarnya bagi kepentingan masyarakat sesuai dengan skala proritas pembangunan.

Sekda menambahkan, prorioritas pembangunan yaitu pembangunan bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi kerakyatan yang di tunjang infrastruktur jalan yang memadai dalam mengimplementaskan visi kabupaten karawang yaitu :” Terwujudnya masyarakat karawang yang sejahtera melalui pembangunan di bidang pertanian dan industri yang selaras dan seimbang berdasarkan imam dan takwa”.hasil dari sosialisasi ini selain bermanfaat bagi saudara sebagai bekal dalam melaksanakan tugas penyedia barang dan jasa dengan layanan elektronik juga untuk membina sikap mental pada penyedia barang dan jasa agat tetep dalam koridor aturan dan hukum yang berlaku,pungkas Imam.

Seterusnya,LPSE adalah unit kerja yang dibentuk di berbagai instansi dan pemerintah daerah untuk melayani Unit Layanan Pengadaan (ULP) atau Panitia Pengadaan yang akan melaksanakan pengadaan secara elektronik. Seluruh ULP dan Panitia Pengadaan dapat menggunakan fasilitas LPSE yang terdekat dengan tempat kedudukannya. LPSE melayani registrasi penyedia barang dan jasa yang berdomisili di wilayah kerja LPSE yang bersangkutan. LPSE berada di bawah pengawasan LKPP cq Deputi Bidang Monitoring, Evaluasi, dan Pengembangan Sistem Informasi.

Kemudian,Kepala Balai LPSE Jawa Barat, Ika Mardiah mengatakan,bahwa ada Daerah-daerah yang sama sekali belum tersentuh sosialisasi maupun pelatihan LPSE,itu disebabkan tidak ada respon dari kepala daerah masing-masing, terhadap himbauan Gubenur Jabar untuk lelang menggunakan LPSE,” Dijelaskannya, sampai saat ini baru enam kabupaten/kota yang sudah lelang menggunakan LPSE. Jumlah itu merupakan perkembangan dari tahun 2009, yang hanya tiga kabupaten/kota saja, yaitu Kab. Kuningan, Kab. Purwakarta, dan Kota Sukabumi. Tahun 2010, terdapat tiga daerah lagi yang menggunakan LPSE, yaitu Kab. Cirebon, Kab. Majalengka, dan Kab. Indramayu. dan Kabupaten Karawang ini yang siap melakukan sosilisasi seperti sekarang ini, dan kita perlu merasa bangga mempunyai kepala Daerah yang konsen terhadap penyelenggaraan pemerintah, ucapnya.

Lalu,Nara Sumber dari LKPP Deputi Bidang Monitoring-Evaluasi dan Pengembangan Sistem Informasi Prof. Ir. Himawan Adinegoro, MSc dalam paparannya mengatakan,bahwa tugas dari kami adalah melaksanakan pemantauan, penilaian, melakukan evaluasi dan memberikan masukan atas pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah tahun sebelumnya untuk menjadi bahan penyusunan proses perencanaan dan angggaran serta pembinaan dan pengembangan sistem informasi pengadaan barang/jasa pemerintah secara elektronik (electronic procurement),tandasnya.

Acara di hadiri oleh Kabag Dalprog S. Bharoto Indriyatmo,ST dalam Sosilisasi LPSE turut hadir mendampingi sekda dan sejumlah Pejabat para Kabag dilingkungan Pemkab Karwang, para pengusaha/rekanan, panitia pengadaan barang, para bendahara, PPTK. / @yu/Ditulis Oleh Administrator Karawang /PEMKAB KARAWANG.

0Komentar