Breaking News
---

KAPAN B4PK KARAWANG TERBENTUK.....?


KARAWANG,PELITA-.

Empat sukses pembangunan pertanian untuk lima tahun kedepan ( 2009 - 1014 )yang sekaligus merupakan target pembangunan pertanian tidak dipersoalkan kalangan pembisnis, asosiasi pertanian, perguruan tinggi pertanian dan ekonomi. haya mereka mengkritis persoalan lemahnya data produksi yang ada saat ini alternatif ilihan kegiatan, anggaran dan peran kementian pertanian yang saat ini dinilai masih belum memadai.

Mentri pertanian Suswono mengakui tentang masih lemahnya data produksi dan lahan yang ada saat ini." diantaranya data populasi ternak sapi dan lahan sawah. Oleh karena itu program kita adalah melakukan pendataan ulang," kata Suswono dalam seminar sehari arah dan kewajiban pembangunan poertanian 2010 - 2014 dengan tema " Membangun pertanian menuju kesejahteraan petani " yang di selenggarakan forum wartawan pertanian kerjasama dengan kementrian pertanian di jakarta.

Mentri mengatakan empat sukses yang di targetkan kementrian pertanian adalah 1) swasembada berkelanjutan, 2) diversifikasi pangan , 3) nilai tambah, daya saing dan exspor, dan 4) peningkatan kesejahteraan petani." ini bukan menunjukan urutan, melainkan akan dicapai bersama - sama," tuturnya.khusunya untuk merealisasikan target yang ketiga, Mentan mengatakan kementrian pertanian akan terus berusaha agar di beri tambahan peran untuk mengelola industri primer." Saat ini pengelolaan industrin primer masih di kementrian keindustrian, kita masih berharap bisa dilimpahkan ke kementrian pertanian," tambahnya.

Tentang empat sukses ini, kalangan perguruan tinggi pun berpendapat senada. Guru besar ilmu Ekonomi Institut Pertanian Bogor Prof. Hermanto Saragih setelah menganalisa kebijakan pembangunan pertanaian negara lain yakni Cina, Jepang, Malaysia dan Thailand menyimpulkan ada empat pilihan kebijakan yang semestinya dilakukan pemerintah . Isinya kurang lebih sama dengan empat sukses yang di targetkan kementrian pertanian.
Ekonomi lain yang juga Kepala Litbang Perhimpunan Petani - Nelayan Sejahtera Indonesia Dr. Andi Irawan juga mengatakan, empat sukses kementrian sudah baik, hanya anggarannya masih belum memadai." Alternatifnya tentu dari investasi swasta, namun infrastukturnya perlu dibangun. Dan itu juga perlu anggaran ," katanya.Soal langkah - langkah kebijakan muncul beberapa usulan.Sekjen Himpunan kerukunan Tani Indonesia Dr. Rachmat Pambudi mengusulkan ,bila sulit mengajak Australia untuk investasi pengembangan ternak di indonesia,bisa juga pengusaha kita investasi ternak di sana.pambudi mengatakan itu karena menurut Mentan Suswono, Australia tidak menanggapi ajakan indonesia untuk investasi ternak di indonesia. Bahkan Australia khawatir indonesia bisa swasembada daging.

Soal pengadaan sistem permodalan untuk petani, wakil ketua komisi IV DPR, Jafar Hafsah menyatakan,persetujuannya terhadap pemerintah kementrian pertanian agar DPR segera mengadakan RUU pembiayaan pertanian. menurut dia, jika dalam lima tahun ke depan tidak ada lembaga keuangan khusus pertanian, tidak ada terobosan dalam pembangunan dan pengembangan pertanian di indonesia. " pertanian itu unik seperti anak yatim, sehingga harus ada regulasi khusus mengikuti musim tanam. Namun, kelembagaan pertanian juga harus di perkuat, katanya."

Menurut dia, Bank pertanian akan bisa menyesuaikan dengan kondisi pertanian tersebut sehingga bisa mempermudah petani dalam pembiayaan.Wakil Direktur Eksekutif bidang argon bank mandiri, Sunarso mengatakan sebenarnya sektor pertanian menarik menjadi bidang investasi, namun masih banyak permasalahan yang menjadi kendala terutama tentang kepastian hukum dan belum selesainya tata urus wilayah." Saat ini tidak ada secara ketidakpastian tata ruang, sehingga berimplikasi pada kebijakan investasi. ketidakpastian dan kebingungan di dunia bisnis adalah biaya usaha, "katanya.

Lalu di Karawang,beberapa orang pemerhati di bidang pertanian yang mensikpai pembentukan BP4K,semalah ada berita mengatakan pembentukan di PANJA kan oleh dewan stempat.ada beberpa sumber mengatakan,namun sayang mereka tidak mau tersiar jati dirinya, di antaranya mereka mengatakan,kapan lagi dan nunggu apa pemerintah daerah Karawang untuk pembentukan badan yang legimitasi sangat di butuhkan yaitu BP4K ....?.lanjutnya.untuk apa di panjakan segela.yang tepat duit rakyat pakai rakyat,para dewan kerja mana yang perlu dan di butuhkan.bukan yang jelas bandan hukum nya di permasalahkan.tegas dari mereka.selanjutnya PELITA konpirmasi hal pembentukannya ke "pihak terkait" dan menjelaskan sangat singkat dan ,sama narasumbernya sama tidak mau juga disebut namanya”,Tunggu saja,dapat di pastikan akan segera terbentuk BP4K di bulan April 2010./red.
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan