Breaking News
---

GURU BERPRESTASI KARAWANG ANGKAT BICARA


Karawang,PELITA.-

Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat ,jelas menimbulkan tuntutan baru dalam segala aspek kehidupan termasuk dalam system pendidikan,di antaranya pembaharuan Kurikulum.verifikasi kurikulum yaitu,untuk melayani peserta didik dan potensi daerah yang beragam, dengan propesional di lakukan penyesuaian daerah setempat pastinya ( nasional dengan pelaksanaan OTDA ). Ada sedikit kendala di hadapi yang mesti di entaskan,bagaimana dengan sudut pandang ( pendapat ) , seorang guru ( Kasek ) Teladan 2009 ? inilah wawancara khususnya;

Pagi yang cerah kala itu,PELITA singgah di satu sekolah daerah Telagasari ,tepatnya SDN KALISARI 1. Bukan hanya kata orang Karawang tapi se-Jawa Barat untuk setingkat guru –guru kasek ,pastilah mengenal ke sosok pria kecil semampai berkumis yang berkulit hitam manis.Dia lah “ADE SUKARDI ,S,Pd Kepala Sekolah SDN KALISARI 1.
Ade kali pertama juara ke-3 guru Teladan tingkat kabupaten Karawang 2006 dan terakhir di bulan Juli 2009 laul,dia kasek SD Teladan 1 kabupaten Karawang dan yang berangkat ke Lembang Bandung,guna rebut kejuaraan tingkat propinsi bersama wakil kasek-kasek teladan lainya sesuai tingkat masing- masing ( TK, SD, SMA & SMA )Se Jawa barat,.Walau pada ajang tersebut ,hasil belum memuaskan semua pihak tapi tetap Karawang terwakili di Jawa Barat .

Sambut ramah ketimuran Ade perlihatkan ke PELITA saat masuk ruangnya, senyum ,gelak tawa di berikan sebagai suguhan pertama bagi pencari berita dia sajikan , penulis dapati hikmah silahturahmi pastinya.Lalu,di sela- sela wawancara Kasek Ade Sukardi menyampaikan ,usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran.agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk masa depan,Kini sedikit mengalami kendala.lanjut dia, anak dulu dan sekarang jauh berbeda dan,sebab ini kurangnya peran serta masyarakat ( wali murid ). padahal jauh berbeda pendidikan kini terlaksana secara demokratis , berkeadilan , tidak diskimitantif dan menunjung tinggi hak-hak asasi manusia, proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta berlangsung normative dan obyektif jelas Ade.

Jadi apa solusi terbaik untuk masa kini pak…kejar PELITA . saya secara pribadi dengan tidak maksud menggurui rekan – rekan lain, antisipasilah dan terbukti dengan konsep memberikan suri teladan ( jangan bayak bicara tapi bekerja dengan cakap )seperti saya lakukan,akan mem bangun kemaunan anak –anak dan lingkungan ( sosilisasi dan kunjungan kerumah orang tua ),kembangkan kreatipitas anak-anak peserta didik dalam proses pembelajaran ,kembangkan budaya membaca, menulis dan berhitung. Jawab kasek teladan ini diplomatis. Seterusnya menurut dia.lakukan pemberdayaan semua komponen yang ada, melalui hidupkan komite sekolah, ini bisa menunjang PBM dan KBM, apalagi kin jelang UN bagi siswa SMLTP dan SD ,tegasnya.

Bagaimana tentang asumsi sekolah garatis? Ade menjawab, ini bagian yang tadi.saya jelaskan ,pemberdayaan komite sekolah yang turut di dalamnya,adalah yang bisa menepis sekolah itu bukan tidak butuh peran serta masyarakat dalam beberapa aspek terkait kebutuhan dan kepentingan yang ada,.namun,semua harus berdasar peraturan dan perundang- undangan yang berlaku,jelas dia tangkas , selanjutnya menurut bapak bagaimana perlindungan guru sendiri , di saat harus melakukan tugas secara propesional atas propesi guru dengan kendala – kendala yang ada ?desak PELITA.untuk ini,mohon optimalisasi hak perlindungan guru lebih di nyatakan secara organisasi atau dinas terkait , ungkap Ade meladai lirih seakan menyimpan sesuatu pendapat lain.

Waktu terus berlalu jelang siang, sudah ngaler ngidul PELITA akhirnya bertanya terakhir.bagaimana dengan periodesasi kasek yang berlaku ? senyum manis yang di punyai dari adik Kalam Sukmawijaya ka UPTD Pangkalan, terhatur dengan sambil menjawab , di pastikan dengan adanya periodesasi ada yang di untungkan dan dirugikan, misal dampak phisilogis bagi yang terkena ( relative ) , tentunya bagaimana mensikapinya masing – masing, dan juga ini membuka kesempatan bagi yang lain,yang sudah menungu lama giliran jadi kasek pastinya, Namun dengan keadaan pro dan kontra sesuai dengan yang saya dengar–dengar.lanjut dia, ya atau tidak nya perlu nya Uji Materi Periodesasi,biarkan yang diatas , yang bisa (perkembangan) memahami situasilah yang menyuarakanya, pungkas Ade sukardi./Jokers.
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan